nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marquez Dinilai Patut Menjalani Masa Percobaan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 13:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 14 38 1886640 marquez-dinilai-patut-menjalani-masa-percobaan-fpmRKG7VJf.jpg Marc Marquez, Pembalap Repsol Honda (Foto: Laman Resmi MotoGP)

AALST – Drama yang ditampilkan pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, pada seri kedua MotoGP 2018 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, hingga saat ini nyatanya masih menuai perdebatan. Pasalnya, ada pihak yang menginginkan Marquez mendapat hukuman tambahan dan ada juga yang menilai kalau pembalap berjuluk The Baby Alien itu telah mendapatkan pelajarannya.

Seperti diketahui, pada balapan di Argentina tersebut, Marquez yang mencoba menembus jajaran terdepan, akhirnya menampilkan aksi balap yang serampangan. Karena hal tersebut, ia pun dua kali menyenggol pembalap lain saat di lintasan, yakni Aleix Espargaro dari Tim Aprilia dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha).

(Baca juga: Pengamat MotoGP Ini Justru Berharap 'Perang' Marquez-Rossi Terus Bertahan)

Nahas bagi Rossi, karena ulah Marquez tersebut, ia pun terjatuh dan hanya bisa menyelesaikan balapan di posisi ke-19. Rossi pun geram dan menuntut sang juara bertahan untuk mendapat hukuman tambahan, bahkan diskualifikasi. Senada dengan Rossi, Tim Yamaha pun mendukung tuntutan pembalapnya tersebut dan berharap Marquez didiskualifikasi supaya menjadi jera.

Kendati demikian, terdapat beberapa pihak juga yang tidak setuju untuk mendiskualifikasi Marquez, termasuk di antaranya legenda MotoGP, Giacomo Agostini. Pasalnya, ia menilai kalau Marquez telah mendapat hukuman yang layak dari ulahnya di Argentina dengan tambahan 30 detik di catatan waktu balapnya.

Sementara, jika harus mendiskualifikasi Marquez, maka Agostini tak setuju. Hal tersebut disebutnya malah akan merusak olahraga MotoGP. Namun demikian, tanggapan sedikit berbeda nyatanya hadir dari legenda MotoGP lainnya, yakni Kevin Schwantz.

Schwantz berpendapat bahwa untuk saat ini hukuman bagi Marquez sepatutnya sudah cukup dengan penalti saja. Namun begitu, Schwantz menginginkan agar The Baby Alien menjalani masa percobaan di sisa musim ini, alias terus dipantau. Ia juga mengungkapkan kalau Marquez perlu diberi bimbingan agar tak mengulang kesalahan serupa.

“Saya pikir dia (Marquez) telah dihukum atas apa yang dilakukannya. Namun, saya kira dia harus dalam masa percobaan untuk sisa musim ini. Dia perlu diberi tahu bahwa dengan alasan apa pun, jika dia melakukan kontak dengan pembalap lain dengan caranya sendiri (disengaja), maka dia akan diparkir,” ucap Schwantz, menyadur dari Motorsport, Sabtu (14/4/2018).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini