nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpora Akan Umumkan Target Asian Games 2018 pada Juni

ant, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 22:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 13 43 1886412 menpora-akan-umumkan-target-asian-games-2018-pada-juni-TRhNRVZ5qa.jpg Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi. (Foto: Okezone/Heru Haryono)

BANDAR LAMPUNG – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengatakan bahwa target Asian Games 2018 akan diumumkan pada Juni 2018.

"Pembangunan infrastruktur Asian Games hampir selesai, saat ini kita fokus persiapan atlet," kata Imam Nahrowi usai memberikan kuliah umum di Universitas Malahayati, Bandar Lampung, Jumat (13/4/2018).

Ia mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan atlet untuk cabang olahraga yang diikuti pada Asian Games mendatang. Salah satunya cabang angkat besi yang berpotensi besar menyumbang medali bagi Indonesia, selain cabang olahraga lainnya.

BACA JUGA: INASGOC Luncurkan Suvenir Asian Games 2018

Cabang angkat besi, lanjutnya, akan dilakukan pemusatan latihan nasional di Padepokan Gajah Lampung, milik Imron Rosyadi di Pringsewu, mengingat Lampung memiliki atlet nasional. Selain itu, atlet yang bertarung dalam Asian Games juga akan melaksanakan pemusatan latihan serta 'try out' ke beberapa negara guna mengukur tingkat kemampuan mereka. Ia menjelaskan secara resmi akan diumumkan target perolehan medali dari masing-masing cabang olahraga.

"Kemampuan atlet pelatnas itu nanti akan menjadi barometer dan tolok ukur, sehingga kami dapat memastikan berapa target medali," ujarnya.

"Nanti kami umumkan nomor cabang olahraga serta atlet yang ditargetkan memperoleh medali," lanjutnya.

BACA JUGA: Menpora Tegaskan Indonesia Incar 10 Besar di Asian Games 2018

Di sisi lain, ia mengatakan setelah menjadi tuan rumah Asian Games 1962, Indonesia memang tak lagi menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terbesar Asia tersebut. Hingga akhirnya, Indonesia kembali menjadi tuan rumah tahun ini dalam perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

"Saya sempat ditanya Presiden Joko Widodo, apakah kita akan berprestasi pada Asian Games tahun ini mengingat pada Asian Games 1962, Indonesia menjadi 'runner-up'. Saya bilang kepada Presiden bahwa kami akan berusaha memperoleh medali sebanyak-banyaknya," kata Imam.

Kemenpora juga menyiapkan bonus besar untuk peraih medali emas Asian Games 2018. Sesuai Keputusan Presiden, bonus atlet peraih medali emas berprestasi Asian Games dan Asian Para Games akan naik 250%.

"Untuk peraih medali perak dan perunggu bonus tetap ada tapi tidak naik seperti atlet yang memperoleh medali emas," tambahnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini