nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jumlah Peserta Audisi Beasiswa Bulu Tangkis di Balikpapan Naik 2 Kali Lipat

Amir Sarifudin , Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 23:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 13 40 1886415 jumlah-peserta-audisi-beasiswa-bulu-tangkis-di-balikpapan-naik-2-kali-lipat-xuAHBGFvcq.jpg Penyelenggaraan audisi beasiswa bulu tangkis di Balikpapan. (Foto: Okezone/Amir Sarifudin)

BALIKPAPAN – PB Djarum kembali menggelar audisi umum Djarum Beasiswa bulu tangkis 2018 untuk usia 11, 13, dan 15 tahun di lapangan Hevindo, Kota Balikpapan, pada 14-16 April 2018. Pada tahun ini, audisi digelar di delapan kota, yakni Pekanbaru pada Maret, Kota Balikpapan pada April, Manado pada 5 Mei, Purwokerto dan Surabaya pada 23 Juli, Cirebon dan Solo pada 4 Agustus, serta Kudus pada 4 September. Pelaksanaan final audisi sendiri akan dilaksanakan pada 7-9 September.

Nantinya, akan diambil 12 atlet putra dan enam atlet putri dari audisi di Balikpapan. Mereka yang lolos akan mendapatkan supertiket.

BACA JUGA: PBSI Masih Bingung Tentukan Komposisi untuk Piala Thomas/Uber 2018

Pencarian bibit berbakat di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, sendiri telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Audisi ini pernah digelar pada 2015 dan 2016. Jumlah peserta pun meningkat drastis pada musim ini. Antusiasme warga Balikpapan jauh meningkat pada musim ini, ketimbang dua tahun sebelumnya.

"Tahun 2015 terdapat 152 peserta, pada 2016 sebanyak 238 peserta, dan 2018 hingga sore ini sudah 403 yang mendaftar. Balikpapan sebagai kota penghubung di antara beberapa kota dan provinsi diharapkan membuat peserta menjadi lebih mudah datang mengikuti audisi," kata Ketua Tim Pencari Bakat PB Djarum, Christian Hadinata, kepada media di Balikpapan, Jumat (13/4/2018).

Menurutnya, audisi di Balikpapan juga memberikan peluang kepada peserta di luar Kalimantan. Bahkan tercatat, ada peserta yang berasal dari Aceh dan Sulawesi yang ikut serta dalam audisi kali ini.

BACA JUGA: INAPGOC Berencana Majukan Kejuaraan Uji Coba Asian Para Games 2018

Pada kesempatan yang sama, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rasimin menyatakan audisi ini merupakan salah satu upaya PB Djarum untuk memastikan bahwa Indonesia memiliki stok atlet terbaik berprestasi di daerah-daerah. Diharapkan, melalui audisi, bakal muncul bibit-bibit pebulu tangkis muda yang memiliki semangat dan daya juang menjadi seorang juara.

"Di pemusatan pelatihan PB Djarum terdapat empat pebulu tangkis muda asal Kaltim yang telah menoleh prestasi seperti Muhammad Aldo Apriyandi, Sheila Dinda, Aldi Alfijar Rachman, dan Priskila Venus Elsadai," sebutnya.

Ketua Pengcab PBSI Balikpapan, Syarifuddin Odang, menyatakan tingginya minat anak-anak Balikpapan yang ingin menorehkan prestasi di bidang bulu tangkis mendorong pihaknya mengusulkan pembangunan gedung latihan milik pemerintah kota melalui Komisi IV DPRD Balikpapan.

"Selama ini kan menggunakan Hevindo tapi kalau kami lihat lokasi sempit. Ketika kami didaulat memegang ini (PBSI) kami sudah ke Kemenpora soal standarisasi lapangan latihan dan pertandingan apakah itu dikelola pemerintah atau swasta," katanya.

Bulu tangkis diusulkan memiliki gedung latihan dan pertandingan karena cabor ini paling banyak berkontribusi mengharumkan nama bangsa. Apalagi, minat anak-anak Balikpapan sangat tinggi.

"Jangan pernah harap bisa lahir atlet yang mumpuni berprestasi kalau penunjang tidak ada. Yang mendasar ya lapangan," tukasnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini