nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemilihan Ban Jadi Salah Satu Kunci Sukses Crutchlow Musim Ini

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 03:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 13 38 1886500 pemilihan-ban-jadi-salah-satu-kunci-sukses-crutchlow-musim-ini-Ja2oydcrT0.jpg Cal Crutchlow, Pembalap LCR Honda (Foto: AFP)

MONTE CARLO – Tentunya bukan rahasia lagai kalau pemilihan ban yang tepat merupakan salah satu faktor utama yang berpengaruh besar terhadap jalannya balapan. Hal itu pun diakui oleh pembalap Tim LCR Honda, Cal Crutchlow, kalau pilihannya dalam menggunakan ban adalah hal yang membuatnya bisa tampil kompetitif di awal musim balap MotoGP 2018.

Pada musim-musim sebelumnya, para pembalap Honda biasanya sering terpaksa menggunakan ban bertipe Hard pada bagian depan. Hal tersebut dimaksudkan untuk membuat pengereman mereka bekerja lebih baik. Namun, hal tersebut juga terkadang menjadi tidak sesuai dengan kondisi lintasan tertentu.

(Baca juga: Crutchlow Pede Juarai MotoGP Argentina 2018 Sebelum Balapan Dimulai)

Sementara pada musim balap MotoGP 2018, di mana telah dilangsungkan sebanyak dua seri, di Qatar dan Argentina, Crutchlow justru tak menggunakan ban bertipe hard saat balapan. Baik saat di Qatar dan di Argentina, pembalap asal Britania Raya itu selalu menggunakan ban bertipe medium.

Hasilnya pun memuaskan, karena pada balapan di Qatar, Crutchlow sukses finis di posisi keempat. Sementara di Argentian, pembalap 32 tahun itu menjadi juara. Crutchlow pun mengakui bahwa kali ini ia menggunakan skenario yang berbeda ketimbang musim-musim sebelumnya dalam menjalani balapan.

Namun begitu, ia tetap akan mempertimbangkan lintasan untuk menyesuaikan dengan ban yang akan digunakan. Sehingga, ia tidak melulu menggunakan ban bertipe medium. Bahkan, Crutchlow mengaku kalau dia akan menggunakan ban bertipe hard di Argentina jika lintasannya benar-benar kering.

“Saya pikir jika itu adalah skenario yang berbeda hari ini, saya harus mentas dengan menggunakan ban depan bertipe hard. Katakanlah jika lintasannya benar-benar kering dan kecepatannya akan menjadi 1 menit 39 detik, maka saya akan balapan dengan ban bertipe hard. Jika tidak, maka kami akan menjadi berantakan, sejujurnya,” ungkap Crutchlow, seperti dilansir Crash, Sabtu (14/4/2018).

“Honda telah bekerja dengan luar biasa hebat selama musim dingin, sebagaimana Anda ketahui. Namun, kami tetap masih bisa meningkatkan motor kami. Di dalam balapan, saya merasakan lagi kalau ban depannya terlalu soft. Saya cukup banyak mengunci bagian belakang, dan kami perlu memperbaiki itu,” lanjut mantan pembalap Tim Ducati Corse itu.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini