nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelatih Timnas Sambo Bakal Evaluasi Atletnya Seusai Test Event Asian Games 2018

ant, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 07:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 12 43 1886007 pelatih-timnas-sambo-bakal-evaluasi-atletnya-seusai-test-event-asian-games-2018-pu2ML5Hfno.jpg Atlet Sambo Indonesia, Anggun Nurajijah, bertarung dengan atlet Filipina dalam kejuaraan Sambo se-Asean (Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA)

JAKARTA – Pelatih tim nasional (Timnas) Sambo, Andi Nugroho, mengatakan pemain-pemain dalam pemusatan latihan nasional akan dievaluasi selepas mereka mengikuti test event Asian Games pada 11-12 April 2018.

"Ini jelas menjadi bahan evaluasi, karena dari awal hingga akhir turnamen, seluruh anggota pelatnas yang berisi delapan pemain dinilai seluruhnya," kata Andi di Jakarta, Kamis 12 April 2018.

Evaluasi tersebut sendiri, kata Andi, bukan dilihat berdasarkan poin yang diciptakan, namun akivitas menyerang dan daya tahan menghadapi serangan lawan.

"Jadi bukan semata-mata menang dan kalah saja penilaiannya," ujar dia.

Kendati demikian, Andi menyebut para punggawa pelatnas memiliki performa yang cukup mengesankan dalam "test event" ini dengan tenaga, teknik dan kekuatan yang di atas para pemain non pelatnas.

Namun, meski performa para pemain pelatnas cukup mengesankan, Andi mengatakan akan ada perombakan dalam tubuh para punggawa pelatnas meski tidak dapat membicarakannya lebih jauh.

"Yang jelas nanti ada non pelatnas yang masuk ke pelatnas, tapi kami tidak berani menyebutkan. Intinya ada yang terdegradasi untuk digantikan karena faktor penilaian yang ada," ucap Andi.

Indonesia sendiri, berhasil menggondol tujuh medali emas dari 13 emas yang diperebutkan oleh enam negara peserta. Namun prestasi tersebut, tidak bisa menjadi tolak ukur kesuksesan Indonesia dalam Asian Games, mengingat "test event" tersebut hanya setingkat Asia Tenggara.

"Paling kalau dipersentase hanya maksimal 30 persen kekuatan Asian Games. Kita masih kurang, terutama untuk try out bahkan lawan tanding yang selama ini kami berlatih bersama atlet judo dan MMA," kata Andi.

Dalam Asian Games 2018 cabang sambo akan memainkan empat nomor pertandingan dalam Asian Games 2018, yakni 62 kg putra, 74 kg putra, 56 kg putri dan 64 kg putri.

Indonesia merencanakan menurunkan kekuatan penuh dengan satu nomor berisi dua atlet. Persatuan Sambo Indonesia (Persambi) tidak menargetkan untuk mendulang medali dalam Asian Games 2018, namun berjanji akan membuat kejutan dalam pesta olahraga negara-negara Asia empat tahunan tersebut.

(mrh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini