nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hukuman Tambahan kepada Marquez Diberikan Sebelum MotoGP Amerika Serikat

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 22:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 12 38 1885918 hukuman-tambahan-kepada-marquez-diberikan-sebelum-motogp-amerika-serikat-m5y7ri6wxt.jpg suasana ketika race MotoGP (Foto: Jure Makovec)

MADRIDRace Director MotoGP, Mike Webb, berbicara untuk pertama kalinya tentang apa yang terjadi di MotoGP Argentina 2018. Ia menilai Marc Marquez (Repsol Honda) layak mendapatkan hukuman atas aksi yang dilakukan yakni menyenggol motor Valentino Rossi (Movistar Yamaha) sehingga pembalap berpaspor Italia itu terjatuh di tikungan 13 lap 20.

Selain itu, Webb juga mengatakan tidak adanya hukuman yang dijatuhkan untuk rider Tim Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Hal itu saat mencoba menyalip Dani Pedrosa, dan aksi Danilo Petrucci terhadap pembalap Tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro.

BACA JUGA: Dall'Igna: Ducati Sepakat Perpanjang Dovizioso, Lorenzo Masih Harus Menunggu

"Semua insiden selalu berbeda dalam beberapa hal, sanksi ditentukan oleh kelompok komisaris dengan mempertimbangkan semua keadaan setelah melihat semua kamera dari semua sudut, serta beberapa informasi terkait seperti pelanggaran sebelumnya. Pada kasus Marquez, Dia melakukan kontak pertama (dengan Aleix Espargaro) dan melakukan manuver berbahaya (pada Valentino Rossi). Kami akan mengeluarkan keputusan terkait hukuman untuk Marquez sebelum balapan di Austin,” jelas Webb, dikutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (12/4/2018).

“Hukuman itu sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan rider. Race Direction akan bertemu dan memutuskan tindakan selanjutnya sebelum Austin, dan akan melakukan pertemuan dengan para pembalap untuk membicarakan hal ini. Kemungkinan Marc (Marquez) akan diberikan peringatan secara verbal tanpa penalti lebih lanjut. Namun, sekali lagi itu belum keputusan final,” sambung Webb.

BACA JUGA: Pramac Ducati: Jangan Bandingkan Petrucci dengan Kasus Marquez dan Zarco

Webb membenarkan kurangnya sanksi terhadap Zarco dan Petrucci. Namun, dirinya mengatakan semua keputusan yang dibuat tidak bisa berdasarkan satu analisis saja. Pemberian hukuman harus melewati banyak tahapan sebelum mengetahui rider tersebut salah atau tidak.

"Seperti yang saya katakan, semua kecelakaan diperiksa dan diputuskan sesuai dengan keadaan mereka, semua kecelakaan berbeda dan kadang-kadang kelompok komisaris menganggap mereka sebagai kecelakaan balapan. Para komisaris dan Race Direction selalu berusaha untuk menjadi profesional, dan dapat diandalkan. Semua pihak yang terlibat, atau mereka yang menyaksikan insiden apa pun, memiliki pendapat sendiri dan berhak untuk mengekspresikannya,” tutup Webb.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini