Image

Pernat Kecam Aksi Brutal Marquez di MotoGP Argentina 2018

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 21:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 12 38 1885910 pernat-kecam-aksi-brutal-marquez-di-motogp-argentina-2018-sWTCeX1WE7.jpg Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez (Foto: Juan Mabromata/AFP)

BOLOGNA – Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, mengatakan kepada media bahwa yang dilakukan pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez pada seri kedua MotoGP 2018 di Argentina adalah tindakan di luar batas. Hal itu karena aksi yang ditunjukkan Marquez di balapan tersebut sangat membahayakan para pembalap tim lain. Pernat menilai, Marquez terlalu terobsesi untuk memenangkan balapan.

Aksi Marquez yang mengundang perhatian telah dimulai dari awal hingga akhir balapan tersebut. Dimulai dari terkena ride through penalty di awal balapan, lalu insiden senggolan dengan pembalap tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro, dan terakhir insiden yang menyebabkan terjatuhnya pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

"Marquez mengemudi seperti maniak, tidak bisa dimengerti apa yang dia coba lakukan. Dia menabrak Aleix Espargaro hanya untuk naik satu posisi di depannya," jelas manajer Andrea Iannone itu, mengutip dari Speedweek, Kamis (12/4/2018).

BACA JUGA: Vinales Temui Perasaan Positif dengan Ban Michelin

"Itu adalah perilaku yang sangat memalukan, saat ini semua menyalahkannya. Para rider khawatir satu lintasan dengannya. Dia tidak bisa berbuat sesuka hatinya. Dorna harus menskors -nya dari balapan. Jika tidak, dia akan menjadi mimpi buruk di setiap balapan," sambung Pernat.

Race Direction mencatat, juara dunia MotoGP itu melakukan tiga kesalahan pada seri Argentina. Insiden pertama terjadi karena mogoknya motor Marquez usai melakukan pemanasan. Marquez pun mendapat teguran dari pihak panitia MotoGP dan memintanya untuk pergi ke pit lane sesuai aturan yang ditentukan.

BACA JUGA: Jurnalis Spanyol Jadi Korban Kekesalan Pendukung Fanatik Rossi

Lalu niat Marquez untuk menyalip posisi Espargaro di tikungan ke-13 lap sembilan justru membuat motor kedua pembalap itu bersenggolan. Terakhir saat rider Spanyol itu terlibat insiden dengan Rossi.

Marquez yang berambisi berada di posisi terdepan berusaha menyalip Rossi yang saat itu berada di urutan keenam. Motor rekan setim Dani Pedrosa itu pun harus bersenggolan dengan Rossi. Akibatnya, Rossi terjatuh karena laju motornya melebar ke pinggir lintasan.

Panitia memberikan The Baby Alien penalty 30 detik terkait aksi berbahayanya di lintasan. Dengan demikian, Marquez yang berhasil menyelesaikan balapan diposisi kelima harus puas turun ke peringkat 18 pada akhir balapan.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini