nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FIM Berharap Para Pembalap Kembalikan Semangat Olahraga di MotoGP

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 08:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 12 38 1885478 fim-berharap-para-pembalap-kembalikan-semangat-olahraga-di-motogp-ttOToI3AMv.jpg Para Pembalap MotoGP 2018 (Foto: AFP)

MIES – Presiden Federasi Balap Motor Dunia (FIM), Vito Ippolito, mengharapkan semangat olahraga MotoGP kembali hadir di antara para pembalap. Hal itu ia sampaikan mengingat suasana panas kini tengah menghinggapi para pembalap pasca-balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina.

Sebuah perselisihan kembali terjadi antara dua pembalap ternama yakni Marc Marquez dan Valentino Rossi. Perseturuan keduanya tak mampu terhindarkan kala Marquez menyenggol Rossi yang menyebabkan sang legenda terjatuh.

Alhasil Rossi yang tinggal beberapa putaran lagi menyelesaikan balapan di tempat keenam, harus rela posisinya melorot ke posisi 19. Sementara Marquez asyik melenggang menyelesaikan balapan di tempat kelima.

Namun begitu, akhirnya The Baby Alien –julukan Marquez– dijatuhi hukuman waktu 30 detik yang membuatnya mundur 13 posisi ke tempat 18. Sebuah hasil yang sia-sia dan membuatnya pulang tanpa membawa poin kembali dari Argentina.

Baca juga FIM Minta Marquez dan Rossi untuk Tidak Perburuk Suasana

Pertikaian semakin memanas, kala Rossi tampak kesal dan sangat geram terhadap aksi yang dilakukan Marquez. Sementara Marquez yang sempat meminta maaf sempat mendapat penolakan. Belum lagi, pembalap Tim Repsol Honda tersebut mengaku tidak melakukan kesalahan fatal pada balapan tersebut.

Suasana pun semakin memanas antara keduanya. Bahkan para fans kedua pembalap juga ikut tersulut dengan api yang dimunculkan oleh kedua pembalap. Hal ini tentu mendapat perhatian khusus dari FIM yang meminta para pembalap untuk bisa mencairkan suasana.

Federasi yang bermarkas di Swiss itu saat ini tidak bisa memiliki wewenang lebih selain untuk mengajak para pembalap untuk berdamai. Setidaknya semangat olahraga yang ada dalam kompetisi MotoGP kembali digelorakan.

Baca juga Pramac Ducati: Jangan Bandingkan Petrucci dengan Kasus Marquez dan Zarco

“Tugas kami di FIM adalah memberikan pengajaran konstan dengan semua pembalap. Kami tidak akan membiarkan hal-hal untuk ikut dalam jalan yang berantakan,” ungkap Ippolito, mengutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (12/4/2018).

“Kami harus membawa mereka ke semangat olahraga, terutama kami, yang sudah begitu spektakuler. Kami sangat berharap untuk memiliki kolaborasi antar pembalap,” tambah pria berpaspor Venezuela tersebut.

“Mereka harus mengerti bahwa meeka memiliki tanggung jawab. Para pahlawan adalah mereka, bukan kami. Tugas kami adalah melakukan hal-hal secara baik, professional, dan tertib, karena mereka memiliki jutaan penggemar di belakang mereka,” tutupnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini