Image

FIM Minta Marquez dan Rossi untuk Tidak Perburuk Suasana

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 04:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 12 38 1885464 fim-minta-marquez-dan-rossi-untuk-tidak-perburuk-suasana-ep5Vuz1zkl.jpg Marc Marquez dan Valentino Rossi (Foto: Crash)

MIES – Presiden Federasi Balap Motor Dunia (FIM), Vito Ippolito, meminta kepada dua pembalap MotoGP yakni Marc Marquez dan Valentino Rossi untuk tidak memburukkan suasana pasca-balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina. Seperti diketahui, keduanya kini tengah bertikai panas setelah menjalani race seri kedua MotoGP 2018 tersebut.

Ippolito pun menyadari bahwa pertikaian antara dua pembalap yang pernah jadi juara dunia MotoGP tersebut bukan yang pertama. Bentrok panas keduanya pun pernah terjadi di sepanjang 2015, yang salah satunya juga dialami di sirkuit yang sama yakni Termas de Rio Hondo.

Pertikaian pertama mereka pada 2015 terjadi di Amerika Serikat yang kemudian disusul ke balapan di Argentina. Berikutnya masih di tahun yang sama, insiden antara keduanya terjadi di Belanda dan Australia. Hingga puncaknya terjadi menjelang seri terakhir MotoGP 2015 di Malaysia. Keduanya kembali terlibat perselisihan. Namun saat itu, Rossi menjatuhkan Marquez.

Baca juga Dovizioso Sebut Insiden di MotoGP Argentina Mutlak Kesalahan Marquez

Melihat insiden tersebut terulang kembali pada 2018, FIM mengaku tidak senang situasi saat ini. Menurutnya para pembalap harus memilik tanggung jawab untuk bisa menciptakan suasana yang damai dan menyenangkan. Bukan malah untuk mengeruh suasana.  

“Situasi ini muncul pada akhir 2015 dan bukan bagian dari sejarah kami. Saya menyesal bahwa tensi ini meningkat jauh. Kami tidak suka dengan penciptaan lingkungan seperti ini,” ungkap Ippolito, mengutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (12/4/2018).

“Pembalap memiliki tanggung jawab besar untuk membantu kami dengan tugas ini, bukan untuk memperburuk suasana para penggemar. Baik dengan perilaku mereka di lintasan, baik dengan pernyataan mereka,” tambahnya.

Baca juga Pramac Ducati: Jangan Bandingkan Petrucci dengan Kasus Marquez dan Zarco

Seperti diketahui, pasca-balapan keduanya saling beradu argumen tentang situasi mereka di lintasan. Melihat situasi yang memburuk, Ippolito sebagai perwakilan FIM dan mengajak Dorna akan mencoba melakukan pertemuan dengan Rossi dan Marquez untuk menyelesaikan masalah keduanya.

“Untuk alasan ini, baik dari FIM dan Dorna, kami akan berbicara dengan mereka. Mereka harus memahami bahwa mereka harus bekerja sama untuk menjaga hal-hal berjalan normal untuk olahraga,” tutup pria berusia 66 tahun tersebut.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini