nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

INAPGOC Gelar Pertemuan dengan CdM Asian Para Games 2018

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 15:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 11 43 1885194 inapgoc-gelar-pertemuan-dengan-cdm-asian-para-games-2018-t7wHPToluV.jpg Perwakilan dari negara peserta Asian Para Games 2018 (Foto: Okezone/Andika Pratama)

JAKARTA -  Selain akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah untuk Asian Para Games 2018, yang akan dilaksanakan di Jakarta, pada  6-13 Oktober 2018. Demi menyambut gelaran akbar tersebut, INAPGOC selaku panitia penyelenggara mengadakan Chefs de Mission (CdM, kepala kontingen atlet) seminar bagi para negara peserta Asian Para Games 2018.

CdM seminar diadakan pada tanggal 11-12 April di Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh CdM dari 28 negara dari 43 negara yang akan berpartisipasi di gelaran olahraga terbesar bagi atlet difabel. Ketidakhadiran beberapa perwakilan negara lain, dikarenakan negara-negara itu mengikuiti ajang Commentwealth Games Australia 2018. Selain dihadiri oleh CdM dari 28 negara, acara ini turut dihadiri oleh Presiden dari Asian Paralympic Committe (APC) yaitu Majid Rased, yang didampingi oleh CEO Asian Paralympic Committe, Tarek Souei.

Tujuan utama Chefs de Mission seminar diadakan adalah menginformasikan semua hal tentang kesiapan panitia dalam menyambut kontingen dari negara peserta  Asian Para Games 2018. Selain ajang untuk memberitahukan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah, seminar itu juga memberitahukan segala informasi teknis tentang penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

BACA JUGA: Menko PMK Tantang Kontingen Indonesia Juarai APG 218

Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktahari, memberikan sambutan kepada para perwakilan negara yang hadir. Dalam sambutannya Okta menekankan tentang tiga faktor utama kesuksesan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yaitu sport, athlete village, dan transportasi. Okta menegaskan ketiga hal itu telah mampu dimaksimalkan oleh INAPGOC, sehingga para atlet dapat fokus dan nyaman bertanding dalam ajang tersebut.

Kemudian, pada hari kedua agenda CdM seminar ialah memperkenalkan dan meninjau beberapa venue pertandingan dan wisma atlet. Peninjauan venue dan wisma atlet dilakukan agar para atlet dapat mempersiapkan diri dan beradaptasi sebaik mungkin selama ajang itu berlangsung.

BACA JUGA: Indonesia Targetkan Peringkat 7 di Asian Para Games 2018

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto yang turut hadir pada acara tersebut mengungkapkan permerintah mendukung penuh INAPGOC dalam penyelengaraan acara olahraga terbesar se-Asia bagi atlet difabel itu. Selain itu, Gatot turut mengungkapkan dua hal penting lain, yaitu penujukan Wakil Jaksa Agung, Irmansyah sebagai CdM atlet dfabel Indonesia dan dana anggaran tahap pertama yang berjumlah Rp826 miliar akan diberikan pemerintah guna penyelenggaraan Asian Para Games 2018. Dengan dukungan penuh dari pemerintah, maka diharapkan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 di Jakarta, dapat berjalan sukses.

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini