nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

70 Petarung Raih Medali dalam Kejurda Tarung Derajat Antar Mahasiswa se-Jawa Barat

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 21:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 10 43 1884865 70-petarung-raih-medali-dalam-kejurda-tarung-derajat-antar-mahasiswa-se-jawa-barat-PsCrnFnheF.jpg Peserta Kejurda Tarung Derajat Antar Mahasiswa se-Jawa Barat (Foto: Putra Ramadhani Astyawan/Okezone)

BOGOR - Sebanyak 70 mahasiswa (petarung) berhasil meraih mendali dalam 'Kejuaraan Daerah Tarung Derajat Antar Mahasiswa se-Jawa Barat' yang digelar di Hall A GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat.

Dari jumlah peraih mendali tersebut, terdapat 40 petarung pria dari 10 kelas pertandingan, 24 petarung wanita dari 6 kelas pertandingan dan 6 petarung dari seni gerak yang mendapat juara 1 hingga juara 4.

Juara 1 petarung pria di bawah 45 kilogram diraih Dandi Rifki dari STKIP Pasundan Cimahi, juara 2 A Dani Hasiloan dari Universitas Pakuan, juara 3 bersama Rizal Fahlepi dari Universitas Perjuangan Tasik dan terkahir Dwi Putra dari STKIP Arrahmana.

(Baca juga: Ratusan Mahasiswa Ikuti Turnamen Tarung Derajat di GOR Padjajaran Bogor)

Juara 1 petarung pria kelas 49,1-52 kilogram diraih oleh Gilang dari Uniga, juara 2 Sofyan dari STKS Bandung, juara 3 bersama Saddam Ali dari Universitas Padjadjaran dan terakhir Ridwan S dari STKIP Pasundan Cimahi.

Juara 1 petarung pria kelas 52,1-55 kilogram diraih Dradjat dari Universitas Garut, juara 2 Alvyn dari Universitas Pakuan, juara 3 bersama Aab Abdurojab dari Universitas Galuh dan terkahir Rusmanto dari STKIP Indramayu.

Juara 1 petarung pria kelas 55,1-58 kilogram diraih Agus Rianto dari UPI Bandung, juara 2 Indra dari Universits Garut, juara 3 bersama Surya Aji dari Suryakencana dan terkahir M Reffy dari Widyatama.

Juara 1 petarung pria kelas 58,1-61 kilogram diraih Yunus Isai dari Universitas Pakuan, juara 2 Emcep Iman dari Uninus, juara 3 bersama Medi dari STKIP Arrahmaniyah dan terakhir Arif Solihin dari Universitas Galuh.

Juara 1 petarung pria kelas 61,1-64 kilogram diraih Rio M Fahri dari Universitas Padjadjaran, juara 2 Dwi Cahya dari UPI Bandung, juara 3 bersama Roni P dari Widyatama dan terakhir M Irham dari STMIK Bani Shaleh.

Juara 1 petarung pria kelas 64,1-67 kilogram diraih Pasak Alam dari STMIK Bani Shaleh, juara 2 Rizjy Luki dari Widyatama, juara 3 bersama Jani M Ramdan dari Unla dan terakhri Fadzri Fauzi dari Universitas Kuningan.

Juara 1 petarung pria kelas 67,1-70 kilogram diraih Andri Fauzi dari Universitas Padjadjaran, juara 2 Rizan Mahtuf dari UPI Sumedang, juara 3 bersama Kusuma Adi dari Universitas Pakuan Bogor dan terkahir Rian dari IAIN Cirebon.

Juara 1 petarung pria kelas 70,1-75 kilogram diraih Cornelius dari Universitas Pakuan, juara 2 Aris Shaeful dari Unla, juara 3 bersama Reza D dari UPI Bandung dan terkahir Hilarius Aldo dari Widyatama.

Terakhir, juara 1 petarung putra kelas lebih dari 80 kilogram diraih Ilyas Saputra dari Akamigas Indramayu, juara 2 Rahman dari Universitas Pakuan, juara 3 bersama Solehudin dari Singa Perbangsa dan terakhir Septiara dari STMIK Pamitran.

Sedangkan, juara 1 petarung putri kelas kurang dari 45 kilogram diraih Ainun dari Uniga, juara 2 Nurul dari Universitas Pakuan, juara 3 bersama Eriska Agustina dari Dewantara Kabupaten Bogor dan terakhir Rinsa dari Unma.

Juara 1 petarung putri kelas 45,1-50 kilogram diraih Gesti dari Universitas Garut, juara 2 Santi dari Universitas Pakuan, juara 3 bersama Wayan Nirmala dari Pol Enginering dan terakhir Riska Dwi UPI Bandung.

Juara 1 petarung putri kelas 50,1-54 kilogram diraih Sari dari UPI Bandung, juara 2 Lastri Lestaro dari Univesitas Siliwangi, juara 3 bersama Yhora dari Universitas Garut dan terakhir Rini dari Univerisitas Kuningan.

Juara 1 petarung putri kelas 54,1-58 kilogram diraih Lidya Siska dari UT Bogor, juara 2 Silvi dari Universitas Garut, juara 3 bersama Herlina dari Unisba dan terakhir Nuryati STKS Bandung.

Juara 1 petarung putri kelas 58,1-62 kilogram diraih Raticha dari STKS Bandung, juara 2 Vina dari UPI bandung, juara 3 bersama Yusmadian dari STMIK Bani Shaleh dan terakhir Herlina dari Unisba.

Terakhir, juara 1 petarung putri kelas 62,1-66 kilogram diraih oleh Amalia dari UT Kota Bogor, juara 2 Widya dari IAIN Cirebon, juara 3 bersama Haenidyanda dari STKS Bandung dan terakhir Shela dari UPI Bandung.

Kemudian juara 1 petarung dalam seni gerak diraih pasangan Muarif Hidayatulloh-Hanhan Ramdani dari STKIP Pasundan Cimahi, juara 2 Iqbal-Rey Jerico dari Widyatama terakhir Fachriadi-M Hazmi dari Unpad Jatonagor.

Plt Walikota Bogor, Usmar Hariman, yang sempat menyerahkan mendali kepada para juara mengucapkan selamat kepada petarung yang telah mengikuti kejuaraan ini. Usmar bersyukur kepada mahasiswa yang menekuni olahraga Tarung Derajat.

Karena menurutnya, Tarung Derajat berpedoman kepada penguatan jati diri, pembentukan karakter yaitu dengan kembali ke akhlak, kembali pada keimanan masing-masing individu untuk bertakwa kepada Allah SWT.

"Adalah sangat relevan bagi kita semua karena tidak akan mungkin mampu meningkatkan kadar keimanan dengan meningkatkan kadar mutu akhlak kita apabila kondisi fisik kita sakit atau lemah. Tidak mungkin," ujar Usmar, Selasa (10/4/2018)

Untuk itu, menjadi sesuatu yang luar biasa bahwa para atlet ini dilatih dan ditempa melalui tarung derajat. Fisik menjadi kuat dan tahan banting, tahan terhadap berbagai cobaan.

"Maka upaya untuk meningkatkan tujuan utama dari kejuaraan tarung derajat ini adalah untuk menguatkan akhlak dengan keyakinan penuh pasti akan tercapai," tandasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini