nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Mahasiswa Ikuti Turnamen Tarung Derajat di GOR Padjajaran Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Senin 09 April 2018 15:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 09 43 1884145 ratusan-mahasiswa-ikuti-turnamen-tarung-derajat-di-gor-padjajaran-bogor-1t398xi0wY.jpg

BOGOR - Ratusan mahasiswa dari 45 perguruan tinggi se-Jawa Barat mengikuti Kejuaraan Daerah Tarung Derajat di GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (9/4/2018). Ketua Panitia Kejuaraan Muhammad Amrullah Lubis mengatakan, kejuaraan Tarung Derajat kali ini diikuti sekira 120 petarung yang merupakan mahasiswa dari perguruan tinggi/universitas se-Jawa Barat.

"Petarung atau atlet dalam kejuaraan Tarung Derajat ini ada sekitar 120 terdiri dari 78 petarung pria dan 32 putri," kata Amrullah, di lokasi, Senin (9/4/2018).

Amrullah menambahkan, ratusan mahasiswa tersebut akan bertanding dalam berbagai kelas kejuaraan. Untuk putra akan bertarung di 10 kelas kejuaraan. Sedangkan petarung putri, ada lima kelas kejuaraan.

"Kita juga ada seni gerak. Mereka akan bertanding selama 2 hari, sekarang dan besok untuk merebutkan medali emas dan sertifikat juga," jelas Amrullah.

Sementara itu, Rektor Universitas Pakuan (Unpak) Bibin Rubini mengatakan, kejuaraan ini bertujuan untuk menumbuhkan sportivtas dan jiwa mahasiswa khususnya petarung seni bela diri Tarung Derajat.

(Foto: Putra/Okezone)

"Ini dimaksudkan agar mahasiswa dibina tentang jiwa sportivitas, kesatria dan juga dibina tentang karakternya. Agar mereka memiliki fisik yang kuat, otak yang cerdas, dan naruli yang dalam," ujar Bibin.

Menurutnya, Tarung Derajat merupakan olahraga yang identik dengan kekerasan tapi memiliki nurani. Karena, harus membuang energi negatif dan emosi.

"Sehingga saat mereka di luar pertarungan olahraga tarung derajat itu sudah dibekali energi positifnya. Jadi saat pertarungan itu mereka harus membuang jauh energi negatif dari dirinya," ungkap Bibin.

Dalam kesempatan tersebut, Bibin yang juga sebagai penanggung jawab dan inisiator kejuaraan ini mengapresiasi pemerintah yang mendukung Kejurda Tarung Derajat Jawa Barat.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada pelaksana tugas, Usmar Hariman yang hadir sekaligus memberi dukungan termasuk fasilitas olahraga serta membuka kejuaraan Tarung Derajat se-Jawa Barat,"  lanjutnya.

Kejuaraan Tarung Derajat itu dibuka oleh Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman dan turut dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Eko Prabowo, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor M. Benninu Argoebie, dan Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Tarung Derajat Boris Derurasman.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini