Share

Pemilihan Ban Jadi Faktor Terpenting bagi Rossi di MotoGP Argentina

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 07 38 1883506 pemilihan-ban-jadi-faktor-terpenting-bagi-rossi-di-motogp-argentina-dbEBDYCJ6t.jpg Valentino Rossi. (Foto: AFP)

SANTIAGO DEL ESTERO – Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengakui pentingnya peran ban dalam setiap balapan yang dilakoninya. Hal tersebut pun dirasakan Rossi saat menjalani balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina.

Rossi menegaskan ban memiliki peran yang begitu penting dalam setiap balapan. Karena itu, dirinya selalu berhati-hati dalam menentukan ban yang akan digunakannya. Sebab, jika salah memilih, ban akan memengaruhi penampilan impresif The Doctor –julukan Rossi.

Pembalap asal Italia itu pun mengaku sempat salah memilih ban ketika melakoni sesi latihan bebas di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Ban sofa yang dipilihnya kala itu telah membuat penampilan Rossi menjadi sangat terganggu. Dirinya tidak bisa tampil dengan sempurna saat menggunakan ban tersebut.

“Saya merasa sangat nyaman dengan motor hari ini. Yang terpenting adalah saya memiliki kecepatan yang luar biasa dengan ban. Sayangnya, saya menderita saat menggunakan ban soft lagi, saya tidak bisa menggunakannya dengan benar,” ujar Rossi, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Sabtu (7/4/2018).

“Kondisi ini tentu bisa menimbulkan masalah yang berarti saat kualifikasi. Sebab, kami tidak tahu ban mana yang harus dibawa ke sana, kami tidak bisa memperkirakan potensi melalui putaran yang cepat,” lanjutnya.

BACA JUGA: Rossi Sarankan Dovizioso untuk Bertahan di Ducati

Rossi pun berharap tidak mengulang kesalahan yang sama di sesi-sesi selanjutnya MotoGP Argentina. Pembalap berusia 39 tahun itu mengaku akan sangat berhati-hati dalam menentukan ban yang akan digunakannya agar dapat meraih hasil yang apik.

“Namun, saya yakin semuanya akan berubah di hari selanjutnya. Tingkat cengkeraman akan membaik, begitu juga dengan catatan waktu. Jadi, kami harus membuat pilihan ban yang tepat. Ini akan sangat bergantung. Ketika cengkeramannya membaik, catatan waktu kami akan semakin membaik,” tutur Rossi.

BACA JUGA: Rossi Optimis Yamaha Ulang Kejayaan di MotoGP Argentina

Hasil yang kurang apik memang diraih Rossi saat menjalani sesi latihan bebas 1 dan 2. Di dua sesi tersebut, Rossi secara konsisten menempati posisi ketujuh, namun catatan waktu yang dihasilkannya berbeda. Di sesi latihan bebas 1, rekan setim Maverick Vinales itu mencatatkan waktu 1 menit 40,825 detik. Sementara di sesi latihan bebas 2, Rossi berhasil mencatatkan waktu yang lebih cepat, yakni 1 menit 40,577 detik.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini