nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenpora: Pemanfaatan Peralatan Asian Games Perlu Koordinasi

ant, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 05:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 06 43 1883352 kemenpora-pemanfaatan-peralatan-asian-games-perlu-koordinasi-TbAytSZ0df.jpg Stadiun Gelaro Bung Karno (GBK) akan menjadi salah satu venue Asian Games 2018. (Foto: Antara)

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga meminta Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) terkait pemanfaatan peralatan Asian Games.

"Tidak semua peralatan dalam Asian Games dapat dipakai dalam Asian Para Games karena kebutuhan atlet-atlet difabel tentu berbeda," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Sabtu (7/4/2018). 

Gatot menjelaskan pemanfaatan peralatan yang telah dipakai Asian Games dalam penyelenggaraan Asian Para Games memang sesuai dengan arahan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Asian Games.

Baca juga: Lintasan Sepeda Velodrome Rawamangun Akan Selesai pada April 2018

"Pemanfaatan peralatan Asian Games itu dilakukan sejauh memungkinkan pada Asian Para Games," ujar Gatot yang juga menjabat bidang keuangan INASGOC.

INASGOC, menurut Gatot, telah menyediakan peralatan-peralatan tanding dalam Asian Games sesuai jadwal persiapan penyelenggaraan.

"Terkait infrastruktur dan arena pertandingan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga terus memastikan kesiapan seluruh arena," kata Gatot.

Baca juga: Pemprov DKI Liburkan Anak Sekolah saat Asian Games 2018 Berlangsung

Namun, Gatot mengaku belum mendapatkan informasi terkait permintaan INAPGOC tentang arena pertandingan cabang menembak Asian Para Games di lapangan tembak Gelora Bung Karno Senayan yang belum dapat dipenuhi Kementerian PUPR.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal INAPGOC Ferry Julianto Kono mengatakan salah satu komponen biaya yang besar dalam penyelenggaraan Asian Para Games adalah operasional pertandingan.

Baca juga: INASGOC: Wisma Atlet Tetap Berpegang Standar OCA

"Kami telah merinci penggunaan peralatan dari 13 cabang olahraga yang dapat dipakai setelah Asian Games ke Asian Para Games," ujar Ferry. 

Selain peralatan, sinergi INAPGOC dengan INASGOC juga terkait penggunaan arena pertandingan, wisma atlet, dan sukarelawan.

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini