nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

INASGOC: Wisma Atlet Tetap Berpegang Standar OCA

ant, Jurnalis · Jum'at 06 April 2018 03:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 05 43 1882786 inasgoc-wisma-atlet-tetap-berpegang-standar-oca-msdfghXrMd.jpg Wisma Atlet Jakabaring Sport City. (Foto:Antara)

JAKARTA – Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menyatakan wisma atlet yang dipersiapkan untuk pesta olahraga negara-negara Asia tersebut tetap berpegang pada standar dari Komite Olimpiade Asia (OCA).

"Setiap bagian ada ahlinya, dan standar wisma atlet itu adalah OCA, intinya INASGOC mengikuti dengan sungguh-sungguh standar OCA soal wisma atlet," kata Ketua INASGOC Erick Thohir, di Kompleks Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Hal tersebut diungkapkan Erick mengomentari pertanyaan terkait kekhawatiran beberapa pihak yang menilai unit di wisma atlet terlalu sempit.

Namun, Erick menegaskan OCA sendiri sudah memberi persetujuan soal ukuran, panjang tempat tidur, dan lokasi wisma atlet. 

"Bahkan kalau dilihat sendiri, ada statemen dari media bahwa ini lebih bagus dari yang di Brazil dan itu saya sudah yakini sejak setahun lalu sebelum jadi," kata Erick.

Baca juga: Pemprov DKI Liburkan Anak Sekolah saat Asian Games 2018

Selain itu, lanjut Erick, hasil uji coba yang positif dalam turnamen invitasi Asian Games 2018 (Test Event) dengan tidak ada pengaduan soal wisma atlet menjadi indikator lainnya bahwa wisma atlet tersebut sudah sesuai standar OCA.

Namun bukan berarti tidak ada yang harus diperbaiki. Justru Erick melihat tetap ada yang harus diperbaiki, yaitu pemberhentian bus yang cukup sempit, pemberlakuan dua pintu di depan, dan belakang wisma atlet.

"Selain itu, jalan sungai ditutup oleh Deputi IV bekerja sama dengan kepolisian dan lainnya supaya sirkulasi di sekitar wisma atlet lebih mudah karena akan ada ratusan bus, intinya saya ikuti peraturan OCA," kata Erick.

Erick menyebut hingga saat ini belum ada masukan apa pun mengenai wisma atlet yang signifikan kendati hingga hari ini dilaksanakan pertemuan antara Delegasi Teknis berbagai cabang olahraga.

Baca juga: Lintasan Sepeda Velodrome Rawamangun Akan Selesai pada April 2018

"Dalam TD meeting yang hari ini masih berjalan, gak ada isu wisma atlet. Yang kami tunggu dari TD meeting itu utamanya terkait persetujuan layout tempat pertandingan, peralatan pertandingan dan masukan lainnya, namun sampai sekarang belum ada masukan signifikan," katanya.

Wisma atlet sendiri akan terletak di Jakarta dan Palembang sebagai dual lokasi dihelatnya Asian Games 2018.

Untuk di Jakarta, wisma khusus untuk atlet berdiri di kawasan Kemayoran yang terdiri dari tujuh tower yang dapat menampung sekitar 16 ribu orang.

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini