nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korea Utara Pastikan Diri Tampil di Olimpiade Tokyo 2020

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 31 Maret 2018 14:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 31 43 1880381 korea-utara-pastikan-diri-tampil-di-olimpiade-tokyo-2020-PiSB9hBiuK.jpg Thomas Bach dan Kim Jong Un (Foto: Reuters)

BEIJING – Korea Utara (Korut) memastikan diri akan tampil di Olimpiade 2020 yang berlangsung di Tokyo, Jepang. Tak hanya itu, Korut juga mengonfirmasi untuk ambil bagian pada Olimpiade Musim Dingin pada 2022 yang akan berlangsung di Beijing, China.

Kepastian tersebut disampaikan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach usai bertemu pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un di Pyongyang pada Sabtu (31/3/2018). Kedatangan Bach ke Korut dalam rangka berkunjung setelah negara tersebut bersedia tampil di Olimpiade Musim Dingin 2018 yang berlangsung di Pyeongchang, Korea Selatan.

Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) mengatakan bahwa pertemuan Bach dengan Kim salah satu tujuannya untuk mengucapkan terima kasih kepada Korut yang telah membantu gelaran Olimpiade Musim Dingin 2018. Sebab partisipasi Korut pada ajang multievent itu menunjukkan bahwa Olimpiade adalah simbol perdamaian.

Baca juga Atlet Paralimpik asal Medan Ini Siap Sumbang Emas untuk Kontingen Indonesia

Begitu pula sebaliknya, Kim juga mengucapkan terimakasih kepada IOC karena mendukung Korut untuk bisa tampil di Olimpiade tanpa menghiraukan iklim dan kondisi politik. Ia berharap hubungan Korut dan IOC terus berkembang.

Sebagai bentuk kerja sama tersebut, Korut juga telah menyatakan akan mengikuti Olimpiade Musim Panas dan Dingin berikutnya pada 2020 dan 2022. Meski akan berlangsung di negara tetangga lagi yakni Jepang dan China, namun hal tersebut tak masalah.

Baca juga Menpora Prediksi Sebanyak 800 Atlet Bakal Berpartisipasi di Asian Games 2018

“Komitmen ini sepenuhnya didukung oleh pemimpin tertinggi di Korea Utara dalam diskusi yang sangat terbuka dan bermanfaa. IOC akan membuat proposal untuk potensi parade bersama atau potensi kegiatan bersama lainnya di Tokyo dan kemudian mungkin juga di Beijing dalam waktu yang tepat,” ungkap Bach, mengutip dari Reuters, Sabtu (31/3/2018).

Pada Olimpiade Musim Dingin 2018, atlet dari Korut dan Korea Selatan berbaris pada acara pembukaan. Hal ini jelas semakin menguatkan tentang artinya olahraga yang merupakan simbol dari perdamaian. Bahkan dari keikutsertaan tersebut, dikabarkan kedua Korea telah menurunkan ketegangan di antara kedua pihak. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya KTT pertama mereka sejak lebih dari satu dekade lalu pada 27 April 2018.  

(fmh)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini