Todt: Sudah Saatnya Ferrari Kehilangan Hak Veto dalam F1!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 10:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 15 37 1873035 todt-sudah-saatnya-ferrari-kehilangan-hak-veto-dalam-f1-C7icQzrXwe.jpg Jean Todt (Foto: AFP)

PARIS – Presiden Federasi Internasional Automotive (FIA), Jean Todt, meyakini saat ini sudah waktunya bagi Ferrari kehilangan hak mereka untuk memveto setiap perubahan peraturan dalam Formula One (F1).

Sebelumnya tim yang berbasis di Maranello tersebut memang telah mendapatkan perlakuan khusus sejak 1980 –an saat masih dipimpin oleh sang pendiri, Enzo Ferrari. Todt percaya saat ini waktu telah berubah dan sangat tidak realistis bagi tim asal Italia tersebut untuk mempertahankan hak veto mereka dalam olahraga.

Keputusan Ferrari untuk menentang regulasi F1 bukan hanya kali ini dilakukan. Mereka sempat menggunakan hak veto mereka untuk memblokir rencana FIA dalam memperkenalkan harga maksimum untuk mesin dan gearbox pada musim 2015.

“Hak veto itu pada saat Enzo Ferrari, dan dia diisolasi di Maranello. Dia adalah satu-satunya tim yang memasok mesin dan sasis ke beberapa tim lain yang semuanya didukung oleh Ford. Jadi saat ini diputuskan bahwa berada jauh dari apa yang disebut motorsport, mereka harus memiliki perlindungan. Itulah cerita sebenarnya tentang hak veto. Namun, secara pribadi saya tidak mendukung hal tersebut saat ini. Waktu telah berubah,” terang Todt, sebagaimana dilansir The Checkered Flag, Kamis (15/3/2018).

Todt adalah satu-satunya orang yang memberikan pendapatnya untuk menentang hak veto yang diberikan kepada Ferrari untuk periode 2013-2021. Meski demikian, semua tim lainnya saat itu mengatakan bahwa mereka tidak memiliki masalah dengan hak veto yang dimiliki Ferrari.

Baca Juga:

(Honda Kemungkinan Akan Pasok Mesin untuk Red Bull Musim 2019)

“Saya adalah satu-satunya lawan Ferrari. Satu-satunya yang menentang hak veto mereka. Saya ingat itu adalah pertemuan di Paris di Place de la Concorde di markas besar FIA. Itu adalah pemegang hak komersial. Semua tim ada di sana,” lanjutnya.

“Saat itu saya bertanya tentang apa posisi veto yang dimiliki Ferrari? Mereka mengatakan ‘itu baik untuk kami’. Jadi tidak pantas bagi saya sendiri untuk mengatakan bahwa saya menentang hak veto terhadap Ferrari. Satu-satunya jawaban yang tepat adalahkami memodifikasi kata-kata itu. Jadi ini adalah bagian dari jawabannya,” tuntasnya.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini