nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Poncharal: Zarco Layak Jadi Pembalap Tim Pabrikan

Bagas Abdiel, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 17:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 10 38 1870814 poncharal-zarco-layak-jadi-pembalap-tim-pabrikan-bzEaIwDElr.jpg Johann Zarco (Foto: AFP)

BORMES LES MIMOSAS – Bos Tim Yamaha Tech 3, Herve Poncharal, memberikan pujian kepada pembalapnya yakni Johann Zarco. Ia mengatakan bahwa pembalap berpaspor Prancis itu layak untuk tampil di tim pabrikan sebagai pembalap utama.

Poncharal yakin mimpi Zarco untuk menjadi juara dunia MotoGP akan terwujud jika ia menjadi pembalap tim pabrikan seperti Yamaha, Honda dan Ducati. Menurutnya, tampil sebagai pembalap tim satelit sangatlah sulit untuk merealisasikan hal tersebut.

Namun, ia juga tidak meragukan Zarco yang telah terbukti tampil kompetitif pada musim debutnya di MotoGP 2017. Bahkan bersama tim satelit sekelas Tech 3, pembalap berusia 28 tahun itu mampu membuktikan diri dengan merebut tiga podium di Prancis, Malaysia dan Valencia.

Baca juga Angel Nieto Tertarik Jadi Tim Satelit Yamaha

“Sejak musim 2017 berakhir, saya selalu mengatakan jika Johann tidak mendapatkan paket tim pabrikan dan naik (level) pada 2019, saya pikir ada sesuatu yang salah dengan dunia kami,” ungkap Poncharal, mengutip dari Motorsport, Sabtu (10/3/2018).

“Dia jelas layak dan ini adalah hal terakhir yang Anda butuhkan untuk akhirnya bisa memperjuangkan gelar di kelas MotoGP,” tambahnya.

Hanya, Poncharal mengingatkan Zarco untuk tidak mengharap betul kepada Movistar Yamaha yang telah dipastikan akan bersama Maverick Vinales dan Valentino Rossi hingga 2020. Satu-satunya peluang bagi rekan Hafizh Syahrin itu adalah Vinales hengkang atau Rossi pensiun.

Baca juga Poncharal Pede Zarco Akan Bertahan di Tech 3 pada MotoGP 2019

“Jelas itu tidak akan terjadi di Yamaha, saya pikir itu adalah mimpinya, yang mana (memungkinkan) Maverick pergi ke tempat lain atau Valentino memutuskan untuk berhenti (pensiun) lebih awal,” lanjutnya.

“Meski Valentino masih akan segera diumumkan, ini bukan rahasia nyata. Saya pikir mereka (Rossi dan Vinales) akan tetap tinggal sehingga tidak ada tempat baginya (Zarco) di pabrik Yamaha,” ucapnya.

Meski mimpi Zarco bersama Yamaha sudah tertutup hingga 2020, Tech 3 siap menampung. Namun, kali ini tim asal Prancis itu akan bergabung bersama KTM setelah memutuskan kerja sama bersama Yamaha usai MotoGP 2018. Sementara kontrak Zarco bersama Tech 3 akan berakhir pada 2018.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini