nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Targetkan Peringkat 7 di Asian Para Games 2018

ant, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 21:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 09 43 1870467 indonesia-targetkan-peringkat-7-di-asian-para-games-2018-pXUtXbVnIi.jpg Asian Para Games 2018. (Foto: Laman resmi Asian Para Games 2018)

JAKARTA – Komite Paragame Indonesia membidik peringkat tujuh dalam kejuaraan multicabang olahraga Asian Para Games (APG) 2018. Ajang ini akan diselenggarakan di Jakarta pada 6-13 Oktober.

"Kami menargetkan 19 medali emas untuk mencapai peringkat tujuh dari cabang angkat besi, atletik, bulu tangkis, catur, renang, dan tenis meja," kata Ketua Komite Paragame Indonesia (NPC Indonesia), Senny Marbun, selepas mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Asian Para Games di Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Atlet-atlet difabel Indonesia, menurut Senny, telah mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Surakarta, Jawa Tengah, sejak awal Januari 2018. Hal ini dilakukan demi mempersiapkan diri untuk mengikuti APG Ke-3.

"Atlet-atlet kami sudah berlatih sebelum Januari di daerah masing-masing dan kami hanya perlu mematangkan hasil latihan mereka itu," ujar Senny.

BACA JUGA: Delegasi Sebut Persiapan Indonesia Gelar Asian Para Games 2018 Sudah Capai 90%

NPC Indonesia belum menerima anggaran program pelatnas jelang Asian Para Games 2018 meskipun program telah berjalan sejak Januari untuk 300 atlet nasional.

"Kami mengajukan anggaran pelatnas APG 2018 sebesar Rp130 miliar yang akan dipakai untuk membeli peralatan latihan, program pemusatan pelatihan, serta keikutsertaan dalam uji coba di luar negeri," ujar Senny.

Namun, Senny mengaku program pelatnas atlet-atlet difabel nasional tidak terpengaruh anggaran pelatnas NPC Indonesia yang belum turun dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Semua program sudah jalan sesuai jadwal dan kami sudah menalangi biaya sampai saat ini. Kemenpora menyebut anggaran akan segera turun," tutur Senny.

BACA JUGA: INAPGOC Gelar Test Event Asian Para Games 2018 pada Akhir Juni

Sementara, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan kontingen paragames Indonesia punya peluang besar untuk mencapai target medali menyusul posisi sebagai tuan rumah.

"Kita punya modal juara umum ASEAN Para Games selain pemusatan latihan yang sudah lama dilakukan," ucap Menpora.

Menpora menambahkan pemerintah telah menggelontorkan anggaran baik untuk atlet-atlet pelatnas Asian Games maupun alet-atlet pelatnas Asian Para Games. "Sekarang, dana juga sudah digelontorkan sejak awal," tukas Menpora.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini