nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sachsenring Kerap Jadi Salah Satu Sirkuit Penolong Rossi untuk Juarai MotoGP

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 03:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 09 38 1870551 sachsenring-kerap-jadi-salah-satu-sirkuit-penolong-rossi-untuk-juarai-motogp-sQdWzGN7DN.jpg Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (Foto: AFP)

DOHA – Bagi seorang pembalap MotoGP, untuk bisa menjadi juara dunia tentunya tak bisa hanya mengandalkan penampilan bagus di satu lintasan saja, namun juga harus sanggup bersaing di lintasan-lintasan lainnya. Namun begitu, para pembalap biasanya memiliki sirkuit favoritnya masing-masing yang dijadikan tumpuan mereka untuk bisa meraih poin.

Pembalap kepunyaan Repsol Honda, Dani Pedrosa, misalnya. Ia merupakan pembalap yang terkenal sangat menguasai Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Sehingga, setiap kali pembalap berjuluk The Little Smurf itu tampil di sana, ia kerap difavoritkan menjadi pemenangnya, dan hal tersebut terbukti.

(Baca juga: Marquez Sambut Baik Keputusan Rossi Balapan hingga 2020)

Tak hanya Pedrosa, pembalap kepunyaan Movistar Yamaha, Valentino Rossi pun memiliki sejumlah sirkuit yang kerap menjadi andalannya mendulang poin penuh. Selama ini, pembalap berjuluk The Doctor itu kerap dikenal apik kala mentas di Sirkuit Catalunya, Mugello, hingga Jerez.

Tercatat, di Sirkuit Catalunya Rossi telah memenangkan balapan sebanyak 10 kali di sepanjang kariernya. Sementara di Mugello dan Jerez, pembalap asal Italia itu telah memenangkan balapan masing-masing sebanyak sembilan kali.

Kendati begitu, nyatanya Rossi masih menyimpan sirkuit lain yang kerap dijadikan andalannya untuk mendulang kemenangan, yakni SIrkuit Sachsenring di Jerman. Diakui oleh Rossi bahwa Sachsenring sebenarnya bukanlah sirkuit favoritnya. Namun, sirkuit tersebut justru kerap menjadi penolong Rossi untuk bisa meraih gelar juara dunia.

Seperti yang terjadi pada gelaran MotoGP 2009, di mana saat itu Rossi sangat membutuhkan poin untuk bisa tetap bersaing dengan Jorge Lorenzo dalam perebutan gelar juara dunia. Tak ayal, Sachsenring pun diharapkan menjadi salah satu yang mampu membantunya.

“Sachsenring bukanlah salah satu lintasan favorit saya, namun saya telah mendapatkan beberapa hasil bagus di sana dan secara umum itu cocok dengan motor Yamaha juga, yang mana merupakan hal yang bagus. Kami membutuhkan hasil bagus lainnya untuk tetap menjaga jarak kami karena para pesaing kami sangat kuat dan kami tidak bisa membuat banyak kesalahan,” ucap Rossi pada 2009, menyadur dari Crash, Sabtu (10/3/2018).

Pada musim tersebut, Rossi sukses meraih kemenangan di Sachsenring dan pada akhir musim ia pun menyegel gelar juara dunia kesembilannya. Sepanjang kariernya, pembalap 39 tahun itu telah memenangkan balapan di Sachsenring sebanyak enam kali, terhitung di semua kelas.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini