nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ducati Masih Belum Tentukan Nasib Tim Satelit Mereka

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 12:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 28 38 1865869 ducati-masih-belum-tentukan-nasib-tim-satelit-mereka-gPGUXOGt8d.jpg Pembalap Ducati Corse, Andrea Dovizioso (Foto: Laman Resmi MotoGP)

DOHA – Jelang dilangsungkannya gelaran MotoGP 2018, sejumlah tim pabrikan nyatanya tidak hanya memperhitungkan kerja sama mereka dengan para pembalap, namun juga dengan tim satelit. Namun begitu, hal berbeda justru terjadi pada diri Tim Ducati, yang masih kebingungan menentukan kerja sama dengan tim satelitnya.

Baru-baru ini, pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, telah meneken kontrak baru bersama timnya tersebut yang berdurasi hingga enam tahun mendatang. Sementara itu, di kubu Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales juga baru saja melakukan tanda tangan kontrak baru.

(Baca juga: Lorenzo: Tekad Menang Dall'Igna Sangatlah Besar)

Kendati demikian, tim satelit Yamaha, yakni Tech3 baru saja mengambil keputusan untuk mengakhiri kerja samanya dengan Yamaha, yang sebelum ini telah berjalan selama 20 tahun. Pasalnya, Bos Tim Tech3, Herve Poncharal, mengaku kecewa dengan perlakuan Yamaha terhadap timnya selama ini yang selalu dianaktirikan.

Sementara itu di kubu Tim Ducati, meski mereka telah membuat keputusan untuk mempertahankan dua pembalapnya, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo, untuk musim depan, tapi tim pabrikan asal Italia itu belum berani mengambil keputusan terkait tim-tim satelit mereka.

Tercatat, saat ini Ducati memiliki tiga tim satelit yang berlaga di MotoGP, yakni Pramac, Avintia, dan Aspar (yang kini berganti nama menjadi Angel Nieto). Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, mengungkapkan bahwa ia sebenarnya senang apabila bisa melanjutkan kerja sama dengan tim-tim tersebut.

Kendati demikian, Ciabatti menilai kalau keputusan tidak hanya ada di pihaknya saja. Pasalnya, tim-tim pabrikan lainnya, seperti Aprilia dan Suzuki, juga memiliki rencana memiliki tim satelitnya sendiri. Maka dari itu, Ciabatti akan lebih dulu melakukan pembicaraan dengan Avintia dan Angel Nieto terkait kelanjutan hubungan kerja sama mereka. Sementara untuk Tim Pramac, Ducati telah bertekad untuk mempertahankannya.

“Ini tidak hanya tergantung kepada kami. Tentu saja kami akan senang jika bisa terus memasok (mesin) kepada ketiga tim tersebut. Bagaimanapun, ini juga akan tergantung pada apa yang tim pabrikan lain seperti Aprilia dan Suzuki rencanakan, dalam hubungannya dengan membentuk tim satelit,” ujar Ciabatti, menukil dari Tutto Motori Web, Rabu (28/2/2018).

“Sejauh yang say abaca, Suzuki belum melakukan persiapan. Saya tidak yakin soal Aprilia. Dari KTM, mereka merasa benar-benar ingin memiliki tim kedua, itu akan hebat,” lanjutnya.

KTM kini telah menjalin kerja sama dengan Tech3 sebagai tim satelit mereka di MotoGP 2019.

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini