nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Minta Utamakan Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas saat Asian Para Games 2018

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 09:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 27 43 1865249 jokowi-minta-utamakan-fasilitas-untuk-penyandang-disabilitas-saat-asian-para-games-2018-zGlkzLJeLV.jpg Presiden Jokowi saat mengunjungi Wisma Atlet di Kemayoran. (Foto: Media INASGOC)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan seluruh fasilitas untuk para atlet peserta Asian Games 2018 telah terpenuhi. Terutama fasilitas bagi para atlet yang menyandang disabilitas atau atlet dengan berkebutuhan khusus yang akan tampil di Asian Para Games 2018.

"Untuk kamar disabilitas tadi juga ada, (telah) disiapkan semuanya," kata Jokowi saat meninjau kesiapan Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin 26 Februari 2018.

Jokowi menilai, seluruh fasilitas yang ada di wisma atlet telah cukup baik. Apalagi bila melihat kondisi kamar yang bagus, hingga tempat berkumpul para atlet yang berlaga di pesta olahraga terbesar di Asia itu. "Tadi saya masuk memang kamar disabilitas dan sangat bagus," tuturnya.

BACA JUGA: Jokowi Bangga Pembangunan Wisma Atlet Capai 99,9%

Jokowi pun memastikan berbagai keluhan soal ukuran tempat tidur pada test event lalu telah diselesaikan. Pemerintah, kata dia, telah menambah jumlah tempat tidur yang menyesuaikan dengan fisik atlet. Tak hanya tempat tidur, lanjut Jokowi, pemerintah juga telah menambah jumlah bangku untuk mengantisipasi atlet yang bebadan tinggi dari negara lain.

Wisma Atlet Kemayoran ini berjumlah 10 tower terdiri dari 7 tower di Blok D10 dengan 5.494 unit, akan menampung 16.482 orang dan 3 tower di Blok C2 dengan 1.932 unit berkapasitas 5.796 orang. "Tambahan tadi sudah ada di contoh, ada stool tambahan, ada bed ditambah. (Itu) Lebih dari cukup. Stoolnya berapa tadi? 45cm. Lebih dari cukup. Kakinya sepanjang apa pun cukup itu stool," kata dia.

Kepala Negara memastikan tak ada lagi permasalahan bagi para atlet yang akan bertanding di Asian Games dan Asian Para Games 2018 tersebut. Selain itu, para atlet juga telah disediakan ruang makan. "Nanti tempat makan akan disiapkan khusus, tidak di dalam gedung tapi dibuatkan hall yang tidak permanen, lebih bagus," pungkasnya.

(Ram)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini