Image

MotoGP Umumkan Pemangkasan Durasi Balapan untuk Musim 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 05:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 14 38 1859235 motogp-umumkan-pemangkasan-durasi-balapan-untuk-musim-2018-jp3v2wpE8Y.jpg Para Pembalap MotoGP (Foto: Laman Resmi MotoGP)

NYON – Jelang berlangsungnya musim balap MotoGP 2018, sejumlah peraturan baru hadir untuk menyesuaikan berbagai keadaan. Paling teranyar, pihak penyelenggara balap motor grand prix mengumumkan bahwa kejuaraan motor dunia tersebut akan memangkas durasi waktu balapan di beberapa sirkuit.

Perubahan peraturan tersebut tak lepas dari upaya penyelenggara balap motor grand prix untuk menyesuaikan waktu balapan mereka dengan siaran di televisi. Pasalnya, mereka menilai terdapat beberapa balapan yang memakan waktu cukup lama, sehingga mengganggu program televise lainnya.

(Baca juga: Brivio Sebut Rossi Berjasa Besar dalam Perkembangan MotoGP)

Selain penyesuaian dengan waktu program televisi, perubahan juga dilakukan berkaitan dengan batasan penggunaan bahan bakar yang digunakan oleh para pembalap. Pasalnya, pihak penyelenggara tak ingin melihat ada pembalap yang gagal menyelesaikan balapan karena kehabisan bakar saat balapan berlangsung.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Crash, Rabu (14/2/2018), setidaknya terdapat tujuh sirkuit dalam kalender MotoGP 2018 yang akan dipangkas waktu balapannya. Ketujuh sirkuit tersebut meliputi GP Amerika Serikat, GP Catalunya, GP Republik Ceko, GP Prancis, dan GP San Marino yang mana masing-masing akan dipangkas satu lap, lalu GP Spanyol di Jerez dipangkas dua lap¸ dan GP Valencia tiga lap.

Tidak hanya dalam gelaran MotoGP saja, dua kelas yang berada di bawahnya, yakni Moto2 dan Moto3 juga mengalami hal yang sama. Untuk Moto2, GP Amerika, Prancis, Catalunya, Jerman, Republik Ceko, San Marino, Jepang, dan Malaysia masing-masing akan dipangkas satu lap, lalu GP Spanyol dan Valencia dipotong dua lap.

Sedangkan untuk Moto3, GP Amerika, Spanyol, Catalunya, Republik Ceko, Aragon, Malaysia, dan Valencia masing-masing diperpendek satu lap, sedangkan untuk GP Prancis dua lap. Untuk kejuaraan 2019, Moto2 dan Moto3 akan mengalami pemangkasan lagi terkait durasi balapan, sedangakan MotoGP tidak.

Tidak hanya mengenai pemangkasan durasi waktu balapan, pihak penyelanggara balap motor grand prix juga mengumumkan bahwa dalam gelaran MotoGP 2018 perubahan terjadi dalam pengibaran bendera merah (tanda bahaya). Jadi, jika bendera merah dikibarkan saat balapan sudah mencapai 75% atau lebih maka hasil balapan saat itu akan tetap diumumkan.

Hal ini berbeda dengan peraturan sebelumnya, di mana hasil balapan diumumkan ketika bendera merah dikibarkan setelah 2/3 balapan berlangsung. Namun peraturan baru tersebut hanya berlaku untuk MotoGP saja, tidak untuk Moto2 dan Moto3.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini