Image

Pertina Jadikan Test Event Asian Games 2018 Sebagai Ajang Kualifikasi

ant, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 08:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 13 43 1858708 pertina-jadikan-test-event-asian-games-2018-sebagai-ajang-kualifikasi-6htebF45Jr.jpg Tinju diperlombakan dalam Test Event Asian Games 2018 (Foto: ANTARA)

JAKARTA - Persatuan Tinju Amatir Indonesia menyatakan Test Event Asian Games cabang tinju pada 11-15 Februari 2018 menjadi salah satu kualifikasi menentukan tim yang akan diturunkan di Asian Games 2018.

"Test event ini dan turnamen yang akan diikuti setelahnya akan menjadi fase kualifikasi para petinju untuk menentukan tim Asian Games 2018," kata kepala pelatih pelatnas tinju, IGM Ade Swandana di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Senin.

Dengan demikian, kata Adi, tim yang turun di test event bertajuk "invitation tournament" Asian Games 2018 yang merupakan tim putih akan beradu kualitas dengan tim merah yang baru pulang dari Kejuaraan Tinju India Terbuka 2018.

"Memang rencana federasi seperti itu, latihan disamakan, kesempatan disamakan, dan kesempatan disamakan sehingga memotivasi dirinya untuk lebih baik, dan siapa yang terbaik, ya itu yang akan dikirim Asian Games 2018," kata Ade.

Hal tersebut diamini Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pertina, Brigjen Pol Johanis Asadoma, yang mengatakan meskipun tim putih dalam test event ini diasosiasikan sebagai tim pelapis, bukan berarti tim merah yang disebut-sebut sebagai kekuatan utama tinju Indonesia pasti dikirim ke Asian Games 2018.

"Meski disebut sekarang tim merah utama dan tim putih pelapis, tapi tak ada jaminan tim merah pasti lolos ke Asian Games. Jika ternyata dalam perjalanan tim putih ada yang bagus baik di latihan, maupun uji coba, maka bisa saja mereka yang dikirim ke Asian Games," ujar Johanis.

Baca juga: Tinju Indonesia Lakukan Pemusatan Latihan di Ukraina Jelang Asian Games 2018

Dalam test event tinju Asian Games 2018 yang dihelat di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Indonesia mengirimkan enam petinju ke fase semifinal, di mana tiga di antaranya langsung bermain di semifinal karena hanya diikuti empat peserta, sedangkan tiga lainnya mendapatkan tiket empat besar usai melewati putaran perempat final dengan hasil positif.

Mereka yang melangkah ke semifinal dengan hasil positif di delapan besar adalah, Matius Mandiangan di kelas ringan (60 kg) putra, Aldryani Beatrichx Sugoro kelas terbang (48-51 kg) putri, dan Mario Blasius Kali di kelas terbang ringan (46-49 kg) putra.

Sementara yang langsung bermain di semifinal adalah Grece Savon Simangunsong di kelas welter (69 kg) putra, Libertus Gha di kelas welter ringan (64 kg) putra, dan Novizar Maulina di kelas ringan (57-60 kg) putri.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini