nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tinju Indonesia Lakukan Pemusatan Latihan di Ukraina Jelang Asian Games 2018

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 05:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 13 43 1858681 tinju-indonesia-lakukan-pemusatan-latihan-di-ukraina-jelang-asian-games-2018-ZL0y8TDU9q.jpg Tinju diperlombakan dalam Test Event Asian Games 2018 (Foto: ANTARA)

JAKARTA - Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) akan melakukan pemusatan latihan ke Ukraina sebagai persiapan Asian Games 2018. Rencananya durasi latihan di luar negeri selama satu bulan.

"Tim Indonesia akan melaksanakan pemusatan latihan pada bulan April, di Ukraina dan menghabiskan satu bulan setengah di sana," ungkap Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pertina Brigjen Pol. Johanis Asadoma di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

Pertina memilih Ukraina lantaran sebagai salah satu kekuatan tinju terkuat di Eropa Timur. Ukraina kerap kali menelurkan juara tinju amatir, seperti Vasyl Lomachenko yang dua kali meraih emas olimpiade 2008 dan 2012.

"Kami juga ingin pemusatan di Ukraina untuk mengubah peruntungan karena kiblat kita selama ini adalah Kuba dan tidak ada perubahan, tidak ada yang juara. Malah di Olimpiade kami gagal di kualifikasi," tuturnya.

Lebih lanjut, Johanis menyampaikan tidak semua petinju yang ada di pemusatan latihan nasional (pelatnas), baik tim merah maupun tim putih, akan dikirim ke Ukraina.

"Kami akan pilih yang terbaik dari yang terbaik untuk pemusatan latihan di luar negeri itu karena anggarannya tidak sedikit," jelasnya.

Menurut pelatih tinju pelatnas, IGM Ade Swandana, pemusatan latihan dan mengikuti uji coba di luar negeri tersebut untuk meningkatkan jam terbang dan mental bermain para petinju Tanah Air.

"Saat ini memang kita harus banyak latih tanding dengan lawan berkualitas yang lebih berat, tujuannya mematangkan nalar dan sikap di atas ring nantinya," kata Ade.

Ade menjelaskan pemilihan pemain sendiri ditentukan berdasarkan evaluasi dalam berbagai turnamen yang diikuti baik oleh tim utama (merah) maupun tim pelapis (putih), termasuk dalam turnamen uji coba (test event) bertajuk "invitation tournament" Asian Games 2018 cabang tinju pada tanggal 11 hingga 15 Februari di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

"Mereka, latihannya disamakan dan kesempatan juga disamakan sehingga memotivasi dirinya untuk lebih baik, dan siapa yang terbaik, ya, itu yang akan dikirim pemusatan latihan dan ke tim Asian Games 2018," ujarnya.

Baca juga: Tim Wushu Indonesia Jalani Pemusatan Latihan ke Rusia Jelang Asian Games 2018

Selepas mengadakan pemusatan latihan di Ukraina, tim Indonesia akan mengikuti turnamen di Bangkok, Thailand, atau Kazakhstan sebagai uji coba pada bulan Juni atau Juli 2018.

Tinju sendiri akan menggelar 10 kelas di Asian Games 2018, yakni tujuh putra dan tiga putri. Hal ini berkurang dari sebelumnya, tinju direncanakan akan menggelar 13 kelas, yaitu delapan putra dan lima putri.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini