Anthony Ginting Ungkap Kegagalan Sumbang Poin

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 06:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 12 40 1858092 anthony-ginting-ungkap-kegagalan-sumbang-poin-rCLOoLKDPi.jpg Anthony Sinisuka Ginting (Foto: PBSI)

ALOR SETAR – Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, menjadi satu-satunya wakil Merah Putih yang gagal menyumbangkan poin di final Kualifikasi Piala Thomas 2018 Zona Asia melawan China. Berlangsung di Stadion Abdul Halim, Malaysia, Minggu 11 Februari 2018 malam WIB, Anthony harus menyerah dari wakil China, Qiao Bin dengan skor 12-21, 21-11, dan 14-21.

Pemain peringkat sembilan dunia itu harus mengakui permainan Qiao yang jauh lebih baik pada hari ini. Anthony mengatakan bahwa lawannya itu berhasil membaca permainannya. Meski berhasil memaksakan rubber set. Tapi pada set ketiga, pemain peringkat 26 dunia itu berhasil mengubah cara bermain.  

“Sebetulnya saya sudah memegang permainan di game kedua, tapi game ketiga dia ubah permainan lagi. Saya tidak dapat kesempatan untuk menyerang. Footwork dan stroke lawan juga berubah,” ungkap Anthony, mengutip dari laman resmi PBSI, Senin (12/2/2018).

Baca juga Indonesia Juara Kualifikasi Piala Thomas 2018 Zona Asia

“Di game ketiga, lawan lebih banyak mendorong saya ke belakang, dia mempercepat tempo permainan dari depan net, saya selalu didahului lawan sehingga terpaksa main bertahan,” tambah pemain berusia 21 tahun itu.

Meski mengakui keunggulan lawan, Anthony tidak menyangkal bahwa kondisinya dalam pertandingan tersebut belum bugar 100%. Hal ini dialami pemain kelahiran Cimahi itu pasca-terpeleset di babak perempatfinal melawan Kazumasa Sakai asal Jepang. Engkel kaki kanannya yang pernah mengalami cedera, kembali terasa sakit.

Itu pula yang menyebabkan Anthonya tidak diturunkan pada laga semifinal melawan Korea Selatan. Namun begitu, juara Indonesia Masters Super 500 2018 itu tak ingin penyebab fisiknya menjadi kegagalan dalam menyumbangkan poin untuk Indonesia.

Baca juga Indonesia Ungguli China 1-0 di Final Kualifikasi Piala Thomas 2018 Zona Asia

“Memang jadi agak was-was, kalau bola jauh sedikit jadi ragu mau mengejar. Bisa dapat sih, tapi beberapa kali kan kalau mengejar pasti jatuh. Tapi ini tidak bisa saya jadikan alasan, dan tidak mau terlalu saya pikirkan,” lanjutnya.

Terlepas dari kegagalan, Anthony menyumbang poin untuk Indonesia. Tim Thomas Merah Putih sudah memastikan diri menjadi juara Kualifikasi Piala Thomas 2018 Zona Asia dengan skor akhir 3-1. Hendra Ahsan/Rian Agung Saputro menjadi penentu kemenangan Indonesia mempertahankan gelar dua tahunan itu.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini