Image

Alonso Bakal Dipinjamkan ke Toyota di Musim Balap 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 00:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 11 37 1858025 alonso-bakal-dipinjamkan-ke-toyota-di-musim-balap-2018-TcXBPm2vLV.jpg Pembalap McLaren, Fernando Alonso (Foto: AFP)

WOKING – Kabar mengejutkan datang dari tim balap McLaren jelang dimulainya musim kompetisi Formula One (F1) 2018. Pasalnya, pembalap mereka, Fernando Alonso, telah mendapatkan kesepakatan untuk berlaga bagi Tim Toyota dalam perhelatan World Endurance Championship (WEC) 2018.

Dengan kata lain, di musim ini, pembalap berpaspor Spanyol itu bakal berlaga di dua kejuaraan dunia, yakni F1 dan WEC. Kendati demikian, bos Tim McLaren, Zak Brown, dengan tegas mengatakan bahwa Alonso hanya dipinjamkan sementara waktu saja ke Toyota, dan bukan untuk selamanya.

(Baca juga: Alonso Optimis McLaren Bisa Rebut Podium di 2018)

Ada pun Alonso nantinya hanya akan mengikuti satu seri balapan saja di WEC, yakni pada Oktober 2018. Dan seri tersebut dijamin tidak akan mengusik waktu Alonso untuk berlaga di ajang F1, yang mana berdekatang dengan GP Amerika Serikat, sehingga sang pembalap bisa tampil penuh di ajang F1 musim ini.

Brown juga mewanti-wanti pihak Toyota agar tidak menyelipkan kontrak yang macam-macam terhadap Alonso. Pasalnya, Brown khawatir apabila pembalapnya tersebut akan dibawa untuk tur dunia, sehingga menelantarkan penampilannya di arena F1.

Lebih lanjut, Brown menegaskan kalau Alonso saat ini utamanya masih merupakan pembalap McLaren, bukan Toyota. Menurutnya, karier Alonso di F1 masih belum habis, terlebih lagi McLaren juga baru menjalin kerja sama dengan Renault, yang mana diharapkan dapat menopang performa mereka musim ini.

“Fernando secara efektif hanya dibatasi untuk mengendarai mobil balap Toyota. Jadi, sejauh penampilan komersil, komitmen sponsor, hal-hal seperti itu, itu sangat diminimalisir. Hubungan alonsi dengan Toyota, dia hanya dipinjamkan oleh kami,” ucap Brown, mengutip dari Planet F1, Senin (12/2/2018).

“Kami sampai pada kesepakatan dengan Toyota dan itu membuat Alonso bisa ikut balapan mobil, tapi tidak untuk berkeliling dunia yang memiliki komitmen komersil,” lanjut Brown.

“Pertamanya dan yang paling utama adalah dia seorang pembalap McLaren dan pembalap F1. Ketika Anda berpikir tentang Fernando, Anda akan mengenalnya sebagai pembalap F1 McLaren dan itu yang terdepan,” tuntasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini