Pelatih Puji Penampilan Timnas Basket Putra Indonesia di Test Event Asian Games 2018

ant, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 12:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 10 43 1857577 pelatih-puji-penampilan-timnas-basket-putra-indonesia-di-test-event-asian-games-2018-Gu59xFEyQP.jpg Timnas Basket Putra Indonesia vs Timnas India di Test Event Asian Games 2018. (Foto: Antara)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Bola Basket Putra Indonesia, Fictor Roring, memuji penampilan anak-anak asuhnya di turnamen uji coba jelang Asian Games 2018 pada Jumat 9 Februari 2018. Pujian ini dilontarkan sang pelatih, meski anak asuhnya kalah dari India dengan skor 55-66.

"Saya puas dan bangga dengan para pemain. Ini bukan soal menang atau kalah, tetapi bagaimana anak-anak bermain. Usaha mereka baik sekali," ujar Fictor usai pertandingan di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat 9 Februari 2018.

Pelatih yang akrab disapa Ito ini menilai tim yang dihadapi Indonesia dalam laga uji coba tersebut memang sangat kuat. Karena itu, anak asuhnya sulit menaklukkan Timnas India. Indonesia sendiri terakhir kali menang dari tim Negeri Bollywood pada 2011 saat Kejuaraan Asia FIBA. Setelah itu, kemenangan Indonesia tidak pernah terulang lagi sampai sekarang.

BACA JUGA: Pelatih Timnas Basket Putra Indonesia Tanggapi Kekalahan dari India di Test Event Asian Games 2018

Postur pemain India yang lebih besar dan tinggi dari pemain Indonesia juga dianggap menjadi salah satu faktor yang membuat kekalahan ini terjadi. Pemain tertinggi di tim India, yakni Satnam Singh Bhamara, memiliki tinggi badan 218 sentimeter (cm). Ukuran ini lebih tinggi 18 cm dari pemain tertinggi Indonesia, Christian Ronaldo Sitepu dan Adhi Pratama.

India sendiri memiliki empat pemain dengan tinggi lebih dari 200 cm. Sementara Indonesia, hanya ada dua orang pemain yang memiliki tinggi 200 cm. Karena itulah, pemain Indonesia sulit menaklukkan India.

"Jadi memang tidak gampang. Badan pemain India besar-besar," kata Fictor.

BACA JUGA: Timnas Basket Indonesia Bidik Kemenangan di Laga Test Event Asian Games 2018

Hasil yang lebih baik pun diharapkan Fictor bisa diraih Timnas Indonesia pada laga selanjutnya. Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada hari ini, Sabtu (10/2/2018).

Pertandingan ini sendiri dipastikan tidak mudah. Pasalnya, Thailand berhasil menaklukkan India dengan skor 79-72 pada pertandingan sebelumnya yang digelar pada Kamis 8 Februari 2018.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini