Image

Kunci Sukses Tim Uber Indonesia Tumbangkan India

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 12:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 09 40 1857035 kunci-sukses-tim-uber-indonesia-tumbangkan-india-OIk6dhl2oZ.jpg Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Foto: Laman resmi PBSI)

ALOR SETAR – Tim Uber Indonesia pada akhirnya melaju ke partai semifinal dalam kualifikasi Piala Uber 2018. Menghadapi India, Indonesia turun dengan skuad terbaiknya guna memperoleh hasil maksimal. Meski pada laga pertama Indonesia sempat kehilangan poin, namun akhirnya Tim Merah Putih mampu membalikkan keadaan menjadi 3-1.

Kejuaraan Piala Uber ini memang memiliki format yang berbeda dengan kejuaraan bulu tangkis dunia lainnya. Pasalnya, dalam perhelatan ini, kesuksesan sebuah tim tidak bisa bergantung dari satu pemain saja, melainkan kolektivitas dari seluruh pemain.

(Baca juga: Tim Uber Indonesia Kalahkan India untuk Melaju ke Semifinal)

Seperti yang terjadi di laga Indonesia melawan India, meskipun pada pertandingan pertama wakil Indonesia, Fitriani, menelan kekalahan dari Pusarla Sindhu dengan skor 13-21 dan 22-24. Namun Indonesia masih bisa lolos ke semifinal lantaran pada pertandingan-pertandingan berikutnya, wakil Merah Putih lainnya meraih kemenangan.

Pada pertandingan kedua, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses menumbangkan Ashwini Ponnappa/Reddy Sikki dengan skor 21-5 dan 21-16. Greysia menerangkan bahwa kala dirinya berlaga, ia sama sekali tidak tertekan dengan keadaan Indonesia tertinggal 0-1, sehingga mampu bermain maksimal.

Selain itu, Greysia juga menjelaskan bahwa ia bersama dengan Apriyani tidak pernah mencoba menganggap remeh lawan mereka. Meskipun bila dilihat secara peringkat, pasangan Indonesia lebih diunggulkan atas ganda India, namun Greysia tetap tidak ingin memandang sebelah mata sang lawan, karena berstatus sebagai ganda putri terbaik India.

“Kami tidak tertekan walaupun sedang ketinggalan 0-1. Kami tahu Sindhu masih ‘di atas’ Fitri. Walaupun kami berharap Fitri bisa nyolong lagi. Tapi tidak apa-apa, itulah gunanya ada tim. Kalah satu, masih ada satu, jadi saling bahu-membahu,” ucap Greysia, seperti dilansir laman resmi PBSI, Jumat (9/2/2018).

“Kami tidak tahu mereka kenapa di game pertama, kami hanya menjalankan strategi kami. Di game kedua, kami tetap berusaha bermain di permainan kami, tidak mengubah strategi. Lawan kami merupakan pasangan ganda putri nomor satunya India, kadang mereka membuat kejutan. Jadi kami tidak bisa menganggap enteng lawan,” tandas Greysia.

Berkat kemenangan yang didapat Greysia/Apriyani tersebut, Indonesia pun menyamakan keadaan menjadi 1-1, sehingga kubu India yang menjadi balik tertekan. Selain itu, momentum kemenangan Greysia/Apriyani tersebut juga dilanjutkan oleh wakil Indonesia lainnya, yakni Hanna Ramadini dan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, yang sama-sama meraih kemenangan atas lawan-lawannya dan membuat Indonesia menang 3-1 atas India.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini