Image

Bos Pirelli Sebut Perang Ban dalam F1 Telah Berakhir

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 09:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 09 37 1856941 bos-pirelli-sebut-perang-ban-dalam-f1-telah-berakhir-Ksz3pgd8FU.jpg Pirelli (Foto:AFP)

MILAN – Direktur Pirelli, Mario Isola, mengaku bahwa perang ban antar tim di Formula One (F1) telah berakhir. Hal tersebut ia katakan di tengah keberhasilan Pirelli dalam menciptakan ban balap yang mumpuni di atas lintasan.

Pirelli telah menjadi satu satunya pemasok ban F1 sejak musim 2011, saat itu ia mengambil alih kekuasaan Bridgestone yang menjadi penyedia ban untuk balapan. Sebelum itu, balapan Grand Prix (GP) sempat menimbulkan peperangan kerika Bridgestone dan Michelin bersaing menjadi pemasok yang paling kompetitif dalam kemenangan F1.

Oleh sebab itu Isola menilai saat ini tidak akan terjadi lagi peperangan ban jika produsen ban asal Italia ini mampu menunjukkan varian dan kinerja yang baik untuk menghentikan gagasan di masa depan.

“Ini adalah situasi yang berbeda. Saat inim kami memasok produk yang sama ke semua tim, Jadi kami menempatkan semua tim pada level yang sama, dalam hal ban,” terang Isola, sebagaimana diberitakan The Checkered Flag, Jumat (9/2/2018).

“Jika Anda membuak persaingan, Anda meningkatkan biaya karena Anda perlu melakukan tes. Anda akan memiliki tim papan atas dengan produk yang lebih baik dibandingan dengan lini tengah atau tim yang lebih rendah. Anda juga tidak memiliki kewajiban untuk memasok ban yang sama kepada semua orang,” tambahnya.

Baca Juga:

(Hamilton dan Vettel Tak Senang dengan Keputusan Alonso Berlaga di Le Mans)

“Anda menciptakan perbedaan antara tim papan atas dan yang lainnya. Mungkin dengan dua atau tiga produsen ban, Anda bisa memiliki beberapa tim yang bertarung di puncak tapi sisanya akan berjuang untuk performa. Dengan ban, Anda dapat dengan mudah menemukan kecepatan setengah detik atau lebih, sehingga Anda menghasilkan delta yang lebih besar dibandingkan saat ini,” tandasnya.

Pirelli memang telah mengembangkan berbagai fitur pada ban barunya. Sebelumnya mereka sempat mengeluarkan ban berwarna ungu dengan nama ultrasoft. Namun, pada musim 2018 Pirelli kembali memperkenalkan dua ban baru mereka dengan nama hypersoft dan superhard. Pirelli mengklaim bahwa ban hypersoft yang mereka miliki memiliki tingkat kelembutan dua kali lipat lebih baik dibandingkan ban ultrasoft musim lalu.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini