Image

Bos Teknis Mercedes Sebut Halo Miliki Bobot Setara Bus Double Decker di London

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 08:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 09 37 1856940 bos-teknis-mercedes-sebut-halo-miliki-bobot-setara-bus-double-decker-di-london-uIFbsp0PYj.jpg Halo Teknologi (Foto:Sky Sport)

BRACKLEY – Bos teknis Mercedes, James Allison, mengatakan perangkat perlindungan kokpit baru bernama Halo yang digagas Federasi Internasional Automotive (FIA), bisa mengimbangi berat sebuah bus double decker.

Allison mengatakan bahwa sistem perlindungan yang wajib digunakan pada gelaran Formula One (F1) musim 2018 ini terbuat dari bahan titanium. Alhasil bahan yang diklaim lebih kuat daripada besi tersebut menimbulkan tantangan yang signifikan karena bobot dan dampaknya terhadap aerodinamika.

Alhasil dengan bobot yang bertambah berat, serta bentuk Halo yang terdapat di depan mobil akan mempengaruhi aerodinamika mobil balap F1 pada musim 2018. Alhasil kepala Mercedes ini telah mengungkapkan bahwa ia harus memperhatikan tingkat kekuatan yang harus dihadapi oleh mobil baru F1 musim ini.

“Kami harus memperkuat desain sasis sehingga bisa mengurangi berat bus double decker (Halo) yang ada di atas bagian kokpit ini. Untuk memastikan itu akan cukup kuat untuk menahan apapun yang terjadi dan melindungi kepada pembalap,” terang Allison, menyadur dari Skysports, Jumat (9/2/2018).

Halo berbentuk Flip Flop yang berputar mengelilingi kepala pembalap, diproduksi oleh perusahaan Belanda dan dikeluarkan sebagai standar untuk semua tim. Satu satunya peraturan regu F1 yang bisa dilakukan adalah penambahan fairing untuk memperbaiki aerodinamika pada mobil balap musim 2018.

Baca Juga:

(Hamilton dan Vettel Tak Senang dengan Keputusan Alonso Berlaga di Le Mans)

Selain Alisson, Bos Renault, Cyril Abiteboul juga turut memberikan komentarnya terhadap Halo yang akan digunakan pada mobil balap musim 2018. Menurutnya Halo terlalu berat dan tidak bagu secara estetika. Meski demikian ia percaya bahwa penampilan Halo akan membaik pada tahun-tahun mendatang.

Allison pun setuju dengan pendapat Abiteboul. Ia menyatakan bahwa F1 akan menemukan cara yang lebih baik untuk membuat Halo menjadi lebih menarik secara visual.

“Tidak ada apa-apa di Formula One (F1) yang masih bertahan lama dan kami semua akan melakukan langkah pertama ini dan mencoba memperbaikinya. Mencoba untuk memastikan keamanan menjadi lebih baik, tapi juga estetika. Ini sedikit rasa yang didapatkan dan kami masih sibuk untuk mendapatkannya. Tapi saya pikir ada beberapa hal yang bisa kami lakukan di musim mendatang dengan membuatnya terlihat lebih bagus saat berada di mobil,” tuntasnya.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini