Stoner Kagum dengan Keseimbangan Marquez

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 22:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 08 38 1856758 stoner-kagum-dengan-keseimbangan-marquez-DrREg4zvEj.jpg Marc Marquez (Foto: AFP)

BOLOGNA – Legenda hidup MotoGP, Casey Stoner, mengaku kagum dengan pembalap Tim Repsol Honda yakni Marc Marquez. Menurutnya keahliannya dalam menggeber motor MotoGP memang sudah tidak diragukan lagi.

Menurutnya juara dunia MotoGP empat kali itu memiliki kemampuan dan bakat yang alami dalam mengendarai motor. Stoner mengatakan bahwa Marquez tak perlu menggunakan cara yang kuat dalam hal mendorong motornya, tetapi dengan kemampuannya yang luar biasa, ia mampu menunjukkan kekuatannya.

“Seperti yang saya katakan, ada pembalap yang bisa menang tanpa mendorong kuat seperti Marquez. Marc memiliki gayanya sendiri dan luar biasa,” ungkap Stoner, mengutip dari Motorsport, Kamis (8/2/2018).

Baca juga Bos Dorna: Rossi Masih Punya Motivasi Tampil di MotoGP

Salah satu hal yang mencuri perhatian adalah keahliannya dalam menyeimbangkan motor. Hal itu terbukti di MotoGP Valencia 2017. Kala itu, Marquez yang nyaris terjatuh karena kehilangan keseimbangan, tiba-tiba tak terjatuh dan berhasil berada dalam kondisi normal kembali. Stoner pun memuji kepiawaian Marquez dalam hal ini.

“Cara dia bisa merasakan saat akan kehilangan bagian depan, dan kemudian menyelamatkannya. Itu adalah sesuatu yang belum pernah saya lihat di kejuaraan ini. Tanpa diragukan, itulah kekuatannya,” tambah pembalap berpaspor Australia.

Baca juga Pramac Ducati Tak Masalah dengan Hasil Petrucci di Tes Pramusim Malaysia

“Semua orang memiliki kekuatan, atau motor juga bisa memilikinya, ada pro dan kontra untuk semuanya. Beresiko keras adalah hal yang sangat baik, tapi jika Anda dapat menemukan cara untuk melakukan hal yang sama dengan sedikit risiko, itu jauh lebih baik,” lanjut yang kini menjadi test rider Tim Ducati itu.

Pada musim 2017, Marquez berhasil merebut gelar keenamnya di ajang grand prix setelah melalui persaingan sulit pada musim tersebut. Menghadapi pembalap Tim Ducati yakni Andrea Dovizoso, Marquez harus berjuang keras hingga seri balapan terakhir. Sirkuit Valencia akhirnya pun menjadi saksi kesuksesan The Baby Alien –julukan Marquez– di MotoGP 2017.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini