Stoner: Vinales Belum Punya Pengalaman di MotoGP

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 20:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 08 38 1856747 stoner-vinales-belum-punya-pengalaman-di-motogp-I8hmSy7tTD.jpg Maverick Vinales (Foto: AFP)

BOLOGNA – Legenda hidup MotoGP, Casey Stoner, mengatakan bahwa pembalap Tim Movistar Yamaha yakni Maverick Vinales masih membutuhkan waktu untuk bisa berbicara banyak di kelas MotoGP. Hal itu ia sampaikan berdasarkan performa pembalap berpaspor Spanyol pada musim 2017.

Pada awal musim lalu, Vinales sukses membuat kejutan sebagai pembalap anyar Tim Yamaha. Pada dua balapan awal yang berlangsung di Qatar dan Argentina, pembalap berusia 23 tahun itu sukses mencuri perhatian dengan memenangi dua balapan tersebut.

Tetapi pada pertengahan musim, ketangguhan Vinales mulai goyah. Setelah memenangi balapan di Prancis, rekan setim Valentino Rossi itu tak mampu bersaing lagi di papan atas bersama Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.  

Baca juga Bos Dorna: Rossi Masih Punya Motivasi Tampil di MotoGP

Stoner menilai kepercayaan diri yang dimiliki Vinales mulai menurun ketika ia merasa nyaman berada di posisi atas pada awal musim. Namun begitu, pembalap berpaspor Australia itu menilai bahwa Vinales masih memiliki potensi lebih untuk bisa berbicara banyak di kelas MotoGP.

“Maverick (Vinales) memulai dengan banyak kepercayaan diri di awal tahun setelah merasa nyaman di pramusim. Tapi sangat mudah kehilangan kepercayaan diri dan arah Anda saat Anda mengalami beberapa kecelakaan. Dia masih muda dan dia belum memiliki banyak pengalaman di MotoGP,” ungkap Stoner, mengutip dari Motorsport, Kamis (8/2/2018).

Baca juga Pramac Ducati Tak Masalah dengan Hasil Petrucci di Tes Pramusim Malaysia

Stoner pun menambahkan turunnya performa Movistar Yamaha di pertengahan musim tidak bisa disalahkan kepada motornya. Sebab jika melihat tim satelitnya yakni Yamaha Tech 3, kedua pembalap mereka, Johann Zarco dan Jonas Folger tak mengalami masalah berarti dengan YZR-M1.

“Mereka (Movistar Yamaha) bisa membuat alasan untuk motor, tapi saya pikir itu tidak begitu berbeda di sepanjang musim dan ketika pembalap Tech 3 menggunakan frame yang sama, mereka tidak menemukan masalah yang sama,” pungkasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini