nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zverev Dapat Wejangan dari Federer usai Alami Kekalahan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 22 Januari 2018 03:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 21 40 1848198 zverev-dapat-wejangan-dari-federer-usai-alami-kekalahan-i9wAupMEQO.jpg Alexander Zverev (AFP)

MELBOURNE – Hasil mengejutkan didapat oleh petenis muda Jerman, Alexander Zverev, kala melakoni pertandingan di babak 32 besar Australia Open 2018. Pasalnya, petenis berperingkat empat dunia itu secara mengejutkan tumbang di tangan petenis asal Korea Selatan, Chung Hyeon.

Melalui pertandingan sengit yang berlangsung dalam lima set, Zverev pun pada akhirnya kalah dengan skor  7-5, 6-7, 6-2, 3-6, dan 0-6. Selepas pertandingan yang penuh drama tersebut, Zverev pun terlihat sangat terpuruk hingga kemudian Roger Federer datang menghampirinya untuk memberi kata-kata penyemangat.

(Baca juga: Rafael Nadal Jejaki Perempatfinal Australia Open 2018)

Mengingat usia Zverev yang masih sangat muda, yakni 20 tahun, Federer pun khawatir apabila petenis potensial Jerman itu akan mengalami tekanan dan krisis kepercayaan diri. Terlebih lagi, cukup besar ekspektasi yang diberikan kepada Zverev, mengingat dirinya kini menempati posisi empat dunia.

Federer menerangkan bahwa adalah hal yang bijak untuk tidak memiliki ekspektasi terlalu tinggi dalam sebuah kejuaraan. Mengingat usia yang amsih muda, Federer menerangkan kepada Zverev untuk tidak buru-buru menargetkan menjadi juara di ajang grand slam, namun lebih bijak untuk menargetkan mencapai babak sejauh mungkin, seperti perempatfinal atau semifinal.

Selain itu, Federer juga meminta Zverev agar tetap tenang dan tidak terbawa dalam arus tekanan yang datang kepada si petenis muda. Menurutnya, saat ini yang harus dilakukan Zverev adalah bangkit dan mempelajari penyebab kekalahannya serta, bukan justru terpuruk dan merasa frustrasi.

“Saya hanya berpikir ini penting untuk terkadang mundur selangkah dan benar-benar melihat hal baik yang telah Anda lakukan, mungkin menempatkan target sedikit lebih rendah. Pertama, coba pasang target untuk perempatfinal atau semifinal, bukannya langsung berpikiran bisa memenangkan Australia Open, AS Open,” ucap Federer, menukil dari Give Me Sport, Senin (22/1/2018).

“Saya mengatakan, ‘Bersabarlah soal itu. Jangan menempatkan diri Anda di bawah tekanan yang tidak perlu. Belajar dari kesalahan ini. Apa yang telah terjadi, terjadilah. Sayangnya, Anda harus percaya pada proses yang Anda lakukan saat ini. Anda memiliki musim yang bagus. Anda bekerja keras. Anda melakukan hal-hal yang benar. Ini mungkin belum terbayarkan di level grand slam, namun tenang saja, jangan menempatkan diri Anda di dalam lubang,” lanjut petenis 36 tahun itu.

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini