nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Federer Sebut Dirinya Bukan Favorit Juara Australia Open 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 01:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 14 40 1844824 federer-sebut-dirinya-bukan-favorit-juara-australia-open-2018-7Yx1ghZ7z0.jpg Roger Federer (AFP)

MELBOURNE – Jelang dimulainya gelaran Australia Open 2018 yang bakal berlangsung mulai Senin (15/1/2018), petenis berperingkat dua dunia, Roger Federer, menjelaskan bahwa dirinya bukanlah favorit juara di turnamen tersebut. Pasalnya, Federer menilai usia yang tak lagi muda membuatnya tak bisa ditempatkan sebagai kandidat juara.

Memang tak bisa dimungkiri, saat ini usia Federer telah menginjak 36 tahun, di mana pada umumnya para atlet profesional kerap mengalami penurunan performa. Kebugaran tubuh dan stamina yang tidak setangguh ketika muda merupakan alasan utamanya.

(Baca juga: Begini Prediksi Djokovic soal Australia Open 2018)

Namun begitu, ditempatkannya Federer sebagai favorit juara lantaran petenis asal Swiss itu mampu membuktikan bahwa di usia tua pun, ia masih mampu tampil kompetitif. Buktinya adalah kala Federer menjuarai Australia Open dan Wimbledon di musim 2017.

Kendati demikian, Federer sendiri tetap menganggap dirinya sudah bukan lagi tandingan para petenis dunia lainnya. Federer justru menekankan dalam pikirannya bahwa dia bukan lagi unggulan seperti musim-musim sebelumnya. Hal itu disebutnya membuatnya menjadi lebih santai dan tak lagi memiliki banyak tekanan.

Federer akan tetap berusaha untuk tampil maksimal. Namun, apabila pada akhirnya ia tak menjadi juara, maka peraih gelar grand slam 19 kali itu tak akan terlalu kecewa, lantaran menyadari usianya yang sudah tak lagi muda. Meskipun Federer sendiri mengakui kalau alasan yang disiapkannya tersebut adalah sesuatu yang klise.

“Dengan bertambahnya usiam saya merasa seperti saya menurunkan peluang saya hanya karena saya tidak berpikir seorang yang berusia 36 tahun harus menjadi favorit turnamen, seharusnya tidak demikian. Itulah mengapa saya melihat hal-hal lebih santai,” jelas Federer, menyadur dari Sport24, Senin (15/1/2018).

Lebih lanjut, Federer justru menjelaskan yang layak menjadi favorit adalah Rafael Nadal, selaku petenis berperingkat satu dunia saat ini. Terlebih lagi pada musim 2017, Nadal juga meraih dua titel grand slam. Selain itu, terdapat pula nama Novak Djokovic yang bakal comeback dari cederanya.

“Saya rasa mungkin seseorang seperti Rafa, dengan musim yang dia miliki sebelumnya, dan Novak dengan enam gelar juara yang dia miliki di sini (Australia Open), mereka bisa menjadi favorit juga,” tukas Federer.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini