nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Briatore Jadi Orang yang Menentang Rossi Berkarier di F1

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 00:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 14 38 1844787 briatore-jadi-orang-yang-menentang-rossi-berkarier-di-f1-PhYrd8E5oj.jpg Valentino Rossi menjajal mobil balap F1 Ferrari (Foto: AFP)

LESMO – Kepiawaian Valentino Rossi dalam mengemudikan sepeda motor atak ayal membuat namanya besar sebagai salah satu pembalap terbaik MotoGP yang pernah ada. Bahkan, dengan prestasinya tersebut, pembalap asal Italia itu kerap ditawari hengkang ke dunia Formula One (F1) untuk menjajal dunia balap mobil.

Pada 2008, tersiar kabar kencang bahwa Rossi akan meninggalkan dunia MotoGP dan beralih menjadi pembalap F1. Pasalnya dalam beberapa musim sebelumnya, terhitung sejak 2006, pembalap berjuluk The Doctor itu kerap mendapat undangan untuk bisa menjajal mobil balap F1 dari berbagai tim.

(Baca juga: Zarco Sebut Valentino Rossi Buat Rider Lain Terkenal)

Terlebih lagi, Rossi sendiri memang memiliki ketertarikan di dunia balap mobil, utamanya mobil-mobil F1. Pasalnya, pembalap yang kini berusia 38 tahun itu menilai bahwa mengendari mobil balap F1 memiliki sensasi luar biasa seperti mengendarai pesawat terbang.

Ferrari merupakan salah satu tim yang terbilang gencar untuk bisa merekrut Rossi ke dalam tim mereka. Terlebih lagi, Rossi merupakan seorang berkebangsaan Italia dan merupakan pengagum berat mobil-mobil keluaran Ferrari.

Berbeda dengan Ferrari, Tim Renault kala itu justru tidak menginginkan Rossi berada di tim mereka. Direktur Manajer Tim Renault saat itu, Flavio Briatore, menjelaskan bahwa Rossi tidak akan cocok berkarier sebagai seorang pembalap F1.

Briatore justru meminta agar Rossi tetap berkarier di dunia MotoGP. Menurutnya, Rossi memang ditakdirkan untuk menjadi seorang pembalap motor, bukan mobil. Terlebih lagi, ia juga menilai Rossi merupakan daya tarik sendiri dalam dunia MotoGP. Sehingga, ketidakhadiran Rossi di ajang MotoGP akan menjadikan ajang balap motor tersebut terasa berbeda.

Dengan tegas Briatore mengatakan kalau dirinya tak akan pernah memberikan kontrak balap F1 untuk Rossi. Briatore justu meminta Rossi tetap tidak beranjak dari dunianya, karena kala itu di ajang MotoGP sang Italiano disebut tak memiliki lawan yang seimbang.

"Dia (Rossi) telah memohon kepada setiap orang untuk mengijinkannya mencoba Ferarri dan dunia Rally dengan status kebintangannya. Namun, saya tidak akan memberikannya kontrak untuk mengendarai Renault," ucap Briatore pada 2018, mengutip dari Crash, Senin (15/1/2018).

"Menurut saya, Rossi memang dilahirkan untuk menjadi yang terbaik di dunia balap motor. Di ajang ini (MotoGP), Rossi tidak memiliki lawan seimbang. Bahkan banyak orang menganggap pamor MotoGP tak akan bisa meningkat tanpa kehadiran Rossi," tuntas Briatore.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini