Marquez: Rider Reli Dakar Harus Punya Kemampuan Khusus

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 20:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 13 38 1844585 marquez-rider-reli-dakar-harus-punya-kemampuan-khusus-N1XUVMIqgP.jpg Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez (Foto: Crash.net)

MADRID – Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez menyebut pembalap Reli Dakar harus mempunyai kemampuan khusus saat berada di lintasan. Ia menyampaikan kemampuan memahami road book menjadi hal yang wajib dimiliki rider Reli Dakar.

Marquez menilai kecepatan bukan hal satu-satunya yang diutamakan pembalap Reli Dakar. Ia menganggap konsentrasi dan fokus menjadi hal utama untuk menggapai kecepatan yang diinginkan seorang rider.

Baca juga: Ini Alasan KTM Urungkan Niat Incar Marquez

“Soal kecepatan, jelas banyak rider cepat. Tetapi yang penting adalah konsentrasi, punya kemampuan membaca 'road book' dan mampu memikirkan banyak hal di atas motor,” kata Marquez, mengutip dari Marca, Sabtu (13/1/2018).

Marquez mengaku dirinya memang mengikuti perkembangan dunia balap Reli Dakar. Terlebih hal tersebut tak jauh dari hobinya yakni bermain motocross di sela-sela kompetisi MotoGP, seperti jeda pramusim saat ini.

Lebih lanjut, Marquez menuturkan setiap meter di ajang Reli Dakar menjadi hal baru berbeda dengan trek yang ada di MotoGP. Meski mengikuti perkembangan Reli Dakar, namun ia tetap ingin menggeluti MotoGP.

Baca juga: Lorenzo: Marquez Punya Cara Hindari Risiko Cedera di Lintasan

Baca juga: Marquez Kembali Pacu Motocross Miliknya Bersama sang Adik

“Segala hal yang berhubungan dengan mesin dan bensin, saya selalu mengikutinya. Di Dakar, Anda takkan tahu apa yang akan Anda hadapi,” ujarnya.

“Setiap meter ada hal baru, rutenya bukan sirkuit seperti MotoGP. Apakah saya akan melakukannya? Jika iya, saya ingin melakukannya dengan benar, dan saya memilih motor karena itu disiplin saya,” pungkasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini