Dovizioso: Marquez adalah Pembalap Terpandai di MotoGP

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 07:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 12 38 1843821 dovizioso-marquez-adalah-pembalap-terpandai-di-motogp-ynotReVURo.jpg Marc Marquez dan Andrea Dovizioso (Foto: AFP)

BOLOGNA – Pembalap Tim Ducati, Andrea Dovizioso, mengaku kagum dengan Marc Marquez yang berhasil menjuarai MotoGP 2017. Pasalnya jika melihat jumlah kecelakaan yang dialami The Baby Alien –julukan Marquez– pada musim lalu, rasanya seperti mustahil.

Marquez tampil menjadi juara dunia tetapi memiliki status mengalami kecelakaan yang tinggi selama satu musim dengan 27 kali. Namun begitu kecelakaan itu hanya terjadi dua kali di sesi balapan, sedangkan 25 kali dialami saat melakoni latihan bebas, kualifikasi atau saat warm up.

Dovizioso yang menjadi rivalnya musim lalu itu merasa heran. Meski begitu, pembalap berpaspor asal Italia itu dengan fair memuji Marquez dengan menyebut sebagai pembalap terpandai. Pasalnya jika melihat angka kecelakaannya, mungkin hanya Marquez yang bisa melakukannya dengan merebut gelar juara dunia.

Baca juga Lorenzo: Gabung Ducati Membuat Saya Jadi Lebih Baik

“Marc adalah satu-satunya (yang bisa melakukan itu). Banyak pembalap juga mengalami banyak kecelakaan, tapi di dalam balapan. Saya pikir Marc adalah salah satu pembalap terpandai di kejuaraan ini,” ungkap Dovizioso, mengutip dari Crash, Jumat (12/1/2018).

Pembalap berusia 31 tahun itu pun mencoba untuk melakukan analisis mengenai kehebatan pembalap Repsol Honda itu. Menurutnya, Marquez adalah pembalap yang berani membalap hingga mencapai batas maksimumnya. Tetapi tetap dalam pengaturan yang baik oleh Marquez.

Baca juga Lorenzo Beberkan Alasannya Gabung Ducati

“Dia banyak mengalami kecelakaan, mungkin dia terlalu banyak melakukan kesalahan dan dia suka bermain dengan batas. Tapi pada saat-saat penting dia ada di sana, dia bisa mengaturnya, itu bagus untuk dia,” tambahnya.

Pada persaingan MotoGP 2017, Dovizioso akhirnya harus mengakui keunggulan pembalap berusia 24 tahun itu. Meski berhasil mengajak bersaing hingga seri terakhir race, Dovizioso puas finis di posisi dua klasemen akhir dengan 261 poin. Sementara Marquez memuncaki klasemen dengan koleksi 298 poin.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini