Image

Timnas Voli Indonesia Siap Gelar Uji Coba Jelang Asian Games 2018

ant, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 06:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 43 1843242 timnas-voli-indonesia-siap-gelar-uji-coba-jelang-asian-games-2018-1hbmPaxwi6.jpg Timnas Voli Indonesia (Foto: Twitter Sea Sport News)

JAKARTA - Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) mengincar negara-negara di Benua Asia hingga Amerika untuk lokasi uji coba skuat pelatnas Asian Games 2018.

"Untuk voli, baik itu dalam ruangan atau pantai, kami akan melakukan uji coba mulai dari negara-negara di benua Asia hingga ke Amerika dengan rentang waktu dari bulan Mei hingga Agustus," kata Ketua Bidang Pertandingan dan Kompetensi Pengurus Pusat PBVSI Hanny Sukarti di Jakarta, Rabu.

Untuk voli dalam ruangan, federasi akan mengirimkan skuat pemusatan latihan nasional (pelatnas) ke Kazakhstan, Hong Kong, Myanmar dan negara lainnya. Sedangkan untuk voli pantai akan dikirim ke tujuh negara termasuk yang berada di Benua Asia, Eropa dan Amerika.

"Kami sudah mengajukan uji coba tersebut, tinggal menungu persetujuan saja. Tapi uji coba tersebut harus ada, karena itu penting sekali untuk menguji kemampuan tim," ujar Hanny.

Pertimbangan pentingnya uji coba tersebut, kata Hanny, tidak lepas dari target Indonesia di Asian Games 2018.

Dalam pesta olahraga multi cabang negara-negara Asia tersebut, Indonesia menargetkan minimal medali perunggu voli pantai baik putra maupun putri dengan kans besar mencapai emas untuk nomor putra. Sedangkan untuk voli dalam ruangan, Indonesia menargetkan delapan besar untuk putri dan empat besar untuk putra.

Untuk voli dalam ruangan, kata Hanny, di Asian Games 2018 mendatang, ditargetkan cukup tinggi karena melihat perkembangan voli di tahun 2017.

"Di tahun 2017 putri berhasil melaju ke final SEA Games dan mencetak sejarah baru bagi mereka, sementara tim putra menembus semifinal Kejuaraan Asia pertama kalinya setelah 42 tahun dengan mengalahkan Katar, Iran, Arab Saudi dan hampir mengalahkan Jepang di semifinal. Karenanya mental tim sekarang memiliki kepercayaan diri besar," kata Hanny.

Tim nasional sendiri, lanjut Hanny, saat ini sudah terbentuk dan mulai latihan sejak November 2017 lalu dengan terdiri dari 18 pemain dengan komposisi 60 persen pemain muda dan sisanya adalah pemain senior.

Delapan belas pemain tersebut, sekitar 85 persennya terdiri dari tim SEA Games 2018 dengan perubahan 2-3 orang. Dari 18 pemain itu, 14 akan dipilih untuk berkompetisi dalam Asian Games 2018 Agustus mendatang.

"Kenapa 18? karena jika sewaktu-waktu butuh penggantian karena cedera atau performa yang kurang, pelatih bisa langsung menggantinya. Hal ini juga didukung dengan aturan sekarang yang memperbolehkan voli mengajukan tim nasional 18 pemain sehingga keleluasaan itu lebih terasa," kata Hanny.

Jadwal terdekat yang akan dijalani tim nasional Indonesia cabang voli dalam ruangan adalah turnamen uji coba ("test event") Asian Games 2018 pada 10-24 Februari 2018 mendatang di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, dan sejauh ini diikuti oleh tiga negara yakni Indonesia, Hong Kong dan Jepang.

Sementara untuk voli pantai, telah dilaksanakan di Kompleks Olahraga Jaka Baring, Palembang, pada 19-22 Oktober 2017 lalu.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini