Rossi Sesalkan Tak Berkarier sebagai Pembalap F1

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 02:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 11 38 1843747 rossi-sesalkan-tak-berkarier-sebagai-pembalap-f1-e6xm73Oip9.jpg Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (Foto: AFP)

LESMO – Tak akan ada yang menyangkal bahwa Valentino Rossi merupakan salah satu pembalap terbaik yang pernah ada dalam kejuaraan MotoGP. Tidak hanya itu, kehadiran Rossi bahkan seolah menjadi napas tersendiri bagi kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

Kendati demikian, tak banyak yang mengetahui bahwa Rossi sebenarnya memiliki sebuah impian untuk bisa berkarier sebagai pembalap Formula One (F1). Sebagai seorang berkebangsaan Italia, Rossi memiliki mimpi untuk bisa menjadi pembalap dari Tim Ferrari.

(Baca juga: Rossi: Harusnya Seri Pamungkas MotoGP 2015 Bisa Jadi Balapan Terbaik)

Meski Rossi memiliki nama besar di ajang balap motor, namun pembalap berjuluk The Doctor itu justru cukup sering kedapatan menjajal ranah balap mobil. Tercatat, Rossi beberapa kali kedapatan menjajal mobil rally, hingga mobil F1.

Pada tahun 2006, Rossi pernah pada satu kesempatan untuk beradu cepat dengan legenda F1, Michael Schumacher, saat berada di Valencia, Spanyol. Perlombaan tersebut tentu saja menggunakan mobil balap F1.

Sama halnya Rossi yang memiliki nama besar di ajang MotoGP, Schumacher juga merupakan pembalap dengan sederet prestasi di ranah F1. Namun, yang mengejutkan dari balapan tersebut, Rossi hanya terpaut satu detik saja dari Schumacher, yang telah bertahun-tahun berkecimpung di ajang F1.

Rossi pun mengaku keinginan kuatnya untuk bisa berkarier di ajang F1 adalah karena dirinya penasaran apakah akan mampu menuai kegemilangan sebagaimana yang ia raih di dunia MotoGP. Lebih jauh lagi, pembalap yang kini berusia 38 tahun itu juga menjelaskan bahwa ia mengagumi mobil-mobil F1, yang menerutnya lebih mirip pesawat terbang ketimbang mobil pada umumnya.

“’Maaf’ itu bukan kata yang tepat. Namun saya memiliki beberapa penyesalan, karena saya masih penasaran untuk bisa mengetahui apa yang mampu saya lakukan (di ajang F1). Saya melakukan dengan baik saat tes, selalu menjadi impian saya untuk balapan dengan Ferrari. Namun, pada saat itu saya tidak siap untuk melompat dan saya berada di tengah kejuaraan balap motor,” ucap Rossi pada 2008, menukil dari Crash, Jumat (12/1/2018).

“Mengemudikan mobil F1 luar biasa memuaskan. Ini kurang jika dianggap sebagai kendaraan dan lebih seperti pesawat terbang, memberikan Anda sensasi yang hebat. Namun, untuk seorang pembalap motor juga merupakan perasaan yang aneh, karena Anda menaruh lengan Anda ke dalam lubang hitam,” pungkas Rossi.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini