Image

Ueda: Rossi Selalu Sulit untuk Dikalahkan

Nanda Karlita, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018, 08:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 11 38 1843236 ueda-rossi-selalu-sulit-untuk-dikalahkan-t7S8XdkgCO.jpg Valentino Rossi saat memastikan gelar juara di kelas 125 cc (Foto: Getty Images, Tuttomotoriweb)

TOKYO - Kiprah pembalap kawakan di ajang MotoGP, Valentino Rossi, memang tak perlu diragukan lagi. Rossi sendiri memulai kariernya sebagai pembalap pada 1996 yang pertama kali mentas di kelas 125 cc (saat ini setara dengan kelas Moto3).

Saat kemunculan pertamanya, Rossi langsung mendapafkan tawaran untuk menunggangi motor pabrikan Italia yakni Aprilia. Di musim perdananya, pembalap yang memiliki julukan The Doctor itu gagal menunjukkan penampilan terbaiknya.

(Baca juga: Jorge Lorenzo Ingin Jajal Kompetisi F1 Usai Pensiun dari MotoGP)

Seakan balas dendam, Rossi mulai beringas pada musim keduanya tepatnya pada 1997. Saat itu pembalap yang kini telah berusia 38 tahun itu berhasil menyabet gelar sebagai juara dunia kelas 125 cc dengan mengalahkan beberapa pesaing terberat.

Salah satu pembalap pesaing yang masih ingat dengan persaingannya adalah Noboru Ueda. Saat itu Ueda juga tengah berusaha untuk memenangkan gelar pertamanya di kelas 125 cc. Sayangnya ia harus berjuang keras untuk mengalahkan Rossi.

Di akhir musim, pembalap keturunan Jepang itu harus rela mengakhiri musim di tempat kedua. Saat itu, Ueda berjarak 83 poin dengan Rossi yang menjadi pemenang. Mengingat persaingannya tersebut, Ueda mengakui bahwa sangat sulit untuk mengalahkan Rossi.

Salah satu balapan yang paling diingatnya saat mengalahkan Rossi saat mentasi di GP Jepang. Saat itu, Ueda berhasil mengalahkan pembalap yang juga kerap disapa VR46 itu karena ia harus gagal menuntaskan balapan hingga akhir.

(Baca juga: Kemenangan Rossi di MotoGP China 2005 Menjadi Salah Satu yang Bersejarah)

"Di tengah balapan, saya berada di posisi terdepan dengan para pengendara papan atas lainnya. Akhirnga saya sampai dan sangat dekat dengan Valentino. Saya mengikutinya (dan akhirnya Ueda memenangkan balapan). Tapi mengalahkan Valentino memang selalu sangat sulit. Pada tahun itu, ia memenangkan 11 balapan. Di sisa kemenangan, saya senang telah berjuang untuk melawannya," ujar Ueda, mengutip dari Tuttomotoriweb, Kamis (11/1/2018).

Berkat status sebagai juara di kelas 125 cc, Rossi berhak tampil di kelas 250 cc pada musim berikutnya. Pada kelas 250 cc (sekarang setara dengan Moto2) itu, Rossi masih menunggangi motor pabrikan Aprilia.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini