Image

Kemenangan Rossi di MotoGP China 2005 Menjadi Salah Satu yang Bersejarah

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018, 19:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 10 38 1843054 kemenangan-rossi-di-motogp-china-2005-menjadi-salah-satu-yang-bersejarah-r5EkNl4GW4.jpg Valentino Rossi saat balapan di MotoGP China 2005 (AFP)

LESMO – Tak ada yang menyangkal bahwa pembalap asal Italia, Valentino Rossi, merupakan salah satu pembalap MotoGP yang paling sukses di dunia. Hingga saat ini, sudah tak terhitung banyaknya kemenangan yang diraih pembalap berjuluk The Doctor itu. Kendati begitu, mungkin masih sedikit yang menyadari kemenangan di seri mana saja yang berpengaruh besar dalam karier Rossi.

Tercatat, hingga saat ini di sepanjang kariernya, Rossi telah mencatatkan kemenangan sebanyak 89 kali di kelas 500cc atau MotoGP. Namun, salah satu kemenangan yang paling berarti dalam karier Rossi adalah saat dirinya mentas di MotoGP China pada 2005.

Pasalnya, kemenangangan tersebut menjadi kemenangan pertama Rossi di lintasan basah bersama Tim Yamaha. Seperti diketahui, Rossi baru bergabung bersama Yamaha pada 2004 setelah hengkang dari Tim Honda.

(Baca juga: Rossi Beberkan Rival Terberatnya di MotoGP 2004)

Pada musim 2004, pembalap yang identik dengan nomor motor 46 itu memang langsung tampil gemilang bersama Yamaha dan menjadi juara dunia. Namun, di musim tersebut Rossi gagal memenangkan balapan kala berada di lintasan basah.

Butuh waktu satu tahun lebih bagi pembalap kelahiran Urbino itu untuk bisa menaklukkan lintasan basah dengan Yamaha. Bahkan usai meraih kemenangan tersebut, Rossi pun mengungkapkan bahwa hal itu merupakan salah satu kejutan terbesar dalam hidupnya.

“Saya kira dalam karier saya, ini merupakan kejutan terbesar yang saya miliki. Ini pertama kalinya bagi saya memenangkan balapan di lintasan basah bersama Yamaha, jadi ini kemenangan yang spesial. Tentunya kami tidak menduga untuk bisa menang kali ini. Di lintasan kering kami memiliki beberapa masalah dan juga di lintasan basah terdapat ruang untuk berkembang,” jelas Rossi pada 2005 usai balapan di Shanghai, menyadur dari Crash, Rabu (10/1/2018).

Semenjak balapan tersebut, Rossi pun menjadi pembalap yang kerap tampil gemilang, baik itu di lintasan kering maupun basah. Tak ayal, dengan modal tersebut, The Doctor pun menjadi juara dunia MotoGP 2005. Bahkan, setelah bertahun-tahun berlalu, Rossi tetap kerap tampil apik dalam balapan pada kondisi apa pun.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini