Image

Begini Cara Tim Ducati Tingkatkan Performa Para Pembalapnya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018, 12:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 10 38 1842803 begini-cara-tim-ducati-tingkatkan-performa-para-pembalapnya-ehyrtvKPsS.jpg Tim Ducati Corse (AFP)

BOLOGNA – Dapat dikatakan penampilan Tim Ducati Corse dalam kejuaraan MotoGP 2017 bagaikan sebuah roller coaster. Di satu sisi, tim pabrikan asal Italia itu patut berbangga lantaran salah satu pembalapnya, Andrea Dovizioso, tampil gemilang dengan finis sebagai runner-up di klasemen akhir pembalap.

Kendati demikian, di sisi lain, Ducati juga harus mencari jalan keluar untuk pembalapnya yang lain, yakni Jorge Lorenzo, yang masih belum menemukan performa terbaiknya musim lalu. Pasalnya, Lorenzo menyudahi musim dengan finis di posisi ketujuh klasemen akhir pembalap.

(Baca juga: Area Ini yang Perlu Ditingkatkan Lorenzo agar Bisa Tampil Moncer di MotoGP 2018)

Namun begitu, Direktur Olahraga Tim Ducati, Paolo Ciabatti, mengungkapkan bahwa dirinya cukup puas dengan perkembangan yang dilakukan Lorenzo di sepanjang musim 2017. Meski pada awalnya pembalap berjuluk X-Fuera itu memang sangat sulit menaklukkan Desmosedici, namun seiring berjalannya waktu, Ciabatti menilai Lorenzo telah tampil lebih baik.

Ciabatti pun menggarisbawahi salah satu hal yang membuat Lorenzo tampil lebih baik adalah dengan penggunaan perangkat aerodinamis baru pada motornya. Menurutnya, hal tersebut membuat Lorenzo mampu memiliki feeling yang lebih baik dengan Desmosedici.

“Saya kira sebagaimana yang bisa Anda lihat, sejak kami tampil dengan perangkat aerodinamis yang baru, Jorge telah menggunakannya di setiap balapan, terlepas apakah itu hujan atau dalam kondisi kering. Itu memberikannya feeling yang lebih baik,” ucap Ciabatti, seperti dilansir Crash, Rabu (10/1/2018).

Selain penggunaan perangkat aerodinamis yang baru, Ciabatti juga menjelaskan bahwa Ducati masih bisa tampil lebih baik lagi apabila mampu menyelesaikan sejumlah masalah, seperti sasis motor yang belum maksimal. Ciabatti pun optimis bila hal tersebut dapat diatasi, maka para pembalapnya, yakni Lorenzo, Dovizioso, serta Danilo Petrucci, akan menjadi lebih gemilang lagi.

“Saya kira jika kami bisa memecahkan beberapa masalah, utamanya pada sisi sasis motor kami, semua pembalap yang menggunakan motor yang sama akan mendapat keuntungan. Jorge, Andrea, dan Danilo. Apa pun yang kami lakukan untuk mengembangkan motor di area itu akan menjadi keuntungan untuk semua pembalap yang menggunakan motor itu,” tandas Ciabatti.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini