Bartholemy Sebut Honda Tak Bedakan Mesin Motor Antara Pembalap Tim Utama dan Satelit

Nanda Karlita, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 08:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 10 38 1842654 bartholemy-sebut-honda-tak-bedakan-mesin-motor-antara-pembalap-tim-utama-dan-satelit-3MhX5ZgJX7.jpg Michael Bartholemy (Foto: MotoGP)

GOSSELIES - Bos Tim Marc VDS, Michael Bartholemy, menegaskan bahwa Honda tak pernah membedakan mesin yang digunakan pembalap utama dengan tim satelit. Bahkan Bartholemy menyebut bahwa ia selalu sulit membedakan keduanya.

Bartholemy sendiri telah membuktikan sendiri soal perbedaan mesin setiap motor yang digunakan oleh pembalap Honda. Menurut Bartholemy, ia sangat sulit menerka pembeda antara mesin motor tim utama dengan satelit.

(Baca juga: Rossi Kalahkan Stoner lewat Balapan Sengit di Laguna Seca 2008)

Saat itu, Bartholemy sempat mengecek motor setiap pembalap sebelum mulai balapan di Sirkuit Losail, Qatar pada 2017. Bartholemy menegaskan bahwa mesin motor antara setiap pembalap memang sulit untuk dibedakan.

“Mesinnya dilepas di Qatar. Tidak ada masalah antara pembalap yang satu dengan yang lainnya. Karena setiap mesin memiliki komponen yang sama. Elektroniknya sama untuk semua orang, sasisnya juga sama dengan setiap pembalap,” ujar Bartholemy, mengutip dari Tuttomotoriweb, Rabu (10/1/2018).

“Kami telah kembali dua kali di musim lalu untuk mengetahui update mesin yang ada. Pembalap remis mendapatkan bagian-bagiannya di Texas dan siap untuk digunakan saat balapan di Le Mans (Prancis). Walaupun ada perbedaan itu sangat minimal. Dan saya sangat bisa memahami dengan mudah,” tambah Bartholemy.

Tim Marc VDS sendiri nantinya akan menggunakan jasa dua pembalap baru di MotoGP 2018. Mereka adalah jawara Moto2 2017, Franco Morbidelli, serta runner-up Moto2 2017, Thomas Luthi.

(Baca juga: Bos Suzuki Sebut Rossi Pantas Jadi Panutan Pembalap Muda)

Morbidelli sendiri telah melakukan sejumlah uji coba. Pertama Morbidelli melakukannya saat uji coba pascamusim yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, begitu juga dengan Luthi. Namun Luthi harus absen di sesi pascamusim lainnya.

Luthi mengalami cedera pada kakinya dan diharuskan absen untuk bisa pulih lebih cepat. Namun kedua pembalap dipastikan akan tampil bersama saat uji coba pramusim yang digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini