Image

Prediksi Perpindahan Pembalap MotoGP Usai Musim 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018, 14:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 09 38 1842305 prediksi-perpindahan-pembalap-motogp-usai-musim-2018-f7A7UupoSM.jpg Masa depan Rossi (kiri) di MotoGP masih abu-abu. (Foto: Laman resmi MotoGP)

GELARAN MotoGP selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi para pencintanya. Salah satu yang tak boleh terlewatkan adalah soal kiprah tim dan para pembalap itu sendiri. Bahkan tak jarang perpindahan pembalap dari satu tim ke tim yang lain juga menarik untuk disimak.

Apalagi sejumlah pembalap MotoGP akan menyelesaikan kontraknya bersama tim mereka masing-masing selepas musim 2018. Tentu saja perpindahan pembalap dari satu tim ke tim lain akan terjadi pada musim depan. Meski balapan untuk 2019 akan berlangsung pada musim berikutnya, tapi sejumlah tim pasti tak ingin kecolongan sedikit pun untuk bergegas merekrut para pembalap untuk kompetisi 2019.

Publik kini tengah menyoroti tiga pembalap yang diprediksi pada musim depan akan membuat hal mengejutkan. Ketiga pembalap tersebut adalah sang pemain lama, Valentino Rossi, kemudian pemain baru yakni Johann Zarco dan juara bertahan, Marc Marquez.

(Foto: Juan Mabromata/AFP)

Bagi Rossi, yang menarik dari dirinya bukanlah soal perpindahan ke sebuah tim baru. Tetapi sorotan utama publik tertuju pada masa depan pembalap berjuluk The Doctor itu untuk tetap melanjutkan kariernya sebagai pengendara motor atau berhenti.

Beberapa spekulasi muncul bahwa Rossi akan mengundurkan diri dari kariernya sebagai pembalap usai musim 2018, tapi VR46 belum membenarkan hal tersebut. Keputusan akan ia buat pada pertengahan tahun depan, di mana performanya selama musim 2018 akan menjadi tolok ukur untuk menetukan masa depannya. Tapi jika bertahan, Rossi diperkirakan akan tetap berada di Yamaha.

Sementara itu jika Rossi akhirnya akan pensiun dari balapan MotoGP, Tim Movistar Yamaha telah mempersiapkan nama yang diprediksi akan menggantikan sang legenda. Pembalap tersebut adalah Zarco. Pembalap Tim Yamaha Tech 3 itu merupakan pembalap yang tengah diperbincangkan banyak pencinta MotoGP saat ini.

Betapa tidak, tampil sebagai pembalap rookie pada musim ini, tapi performanya begitu luar biasa. Pembalap berpaspor Prancis itu sukses menembus posisi enam besar di mana peringkatnya berada di di bawah lima pembalap ternama lainnya yakni Marquez, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Dani Pedrosa dan Rossi.

Musim ini Zarco meraih tiga kali podium dengan prestasi tertingginya didapat di MotoGP Prancis dan Valencia. Di dua seri balapan tersebut, Zarco menduduki posisi kedua. Selain itu satu podium lagi diraih di MotoGP Malaysia dengan menempati posisi tiga.

Kesuksesan itu membuat Zarco akhirnya diincar banyak tim, termasuk tim utamanya yakni Movistar Yamaha yang akan mempersiapkan pembalap berusia 27 tahun itu sebagai pengganti Rossi. Kontrak Zarco pun akan berakhir pada 2018 bersama Yamaha Tech 3.

Tapi selain Yamaha, tim lain yang sangat meminati rekan Jonas Folger itu adalah KTM. Tim anyar MotoGP itu bahkan sudah mendeklarasikan diri tertarik membawa Zarco untuk mengarungi musim 2019 bersama KTM.

Satu nama lagi yang diprediksi akan mengundang banyak reaksi pada bursa transfer pembalap adalah Marquez. Pembalap berpaspor Spanyol itu diprediksi akan meninggalkan Honda selepas musim 2018. Banyak pihak menyebut alasan finansial menjadi kabar tersebut beredar. Pasalnya upah yang didapat Marquez dinilai tak sebanding dengan prestasinya untuk Honda dengan memenangi empat gelar juara dunia MotoGP.

Lagi-lagi KTM yang ingin menunjukkan jati dirinya sebagai tim anyar, tertarik untuk merekrut The Baby Alien –julukan Marquez. Apalagi sponsor KTM yakni Red Bull digadang-gadang siap memberikan gaji besar kepada Marquez. Tetapi kabar tersebut belum bisa dipastikan, pasalnya hingga saat ini belum ada ucapan resmi dari Marquez atau pihak mana pun mengenai perpindahannya dari Honda.

Selain ketiga pembalap tersebut, ada pembalap lain yang mungkin bisa meramaikan bursa transfer pembalap. Hal itu terjadi karena efek domino dari kepindahan para pembalap. Honda berpotensi mencari pengganti Marquez –jika nantinya hengkang. Calon terkuat adalah dengan merekrut Vinales. Tak hanya itu Pedrosa juga memiliki kemungkinan akan pindah ke Suzuki, KTM atau Aprilia. Sementara Dovizioso diprediksi akan tetap setia bersama Ducati.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini