Suzuki Dinilai Harus Ganti Iannone pada MotoGP 2019

Bagas Abdiel, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 13:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 09 38 1842264 suzuki-dinilai-harus-ganti-iannone-pada-motogp-2019-H7RefAs3UU.jpg Andrea Iannone (Foto: laman resmi MotoGP)

TEXAS – Legenda balap MotoGP, Kevin Schwantz, mengaku kecewa dengan performa Andrea Iannone di MotoGP 2017 bersama Suzuki. Bahkan secara tegas Schwantz menyarankan pabrikan Jepang itu untuk mengganti The Maniac Joe –julukan Iannone– pada musim 2019.

Menurut Schwantz, Iannone tak mampu mendongkrak performa Suzuki jauh lebih baik ketimbang musim sebelumnya. Jika musim 2016 Suzuki mampu finis di posisi keempat klasemen akhir tim lewat kombinasi Maverick Vinales-Aleix Espargaro, tapi tahun ini duet Iannone dan Alex Rins harus menempatkan Suzuki di posisi keenam.

Memang harus diakui bahwa Suzuki sedikit pincang ketika kehilangan Rins yang memiliki masalah cedera musim ini.  Namun, Schwantz mengatakan hal tersebut bukan persoalan. Pasalnya, masalah utama pada Iannone adalah ia tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai pembalap utama Suzuki.

Baca juga Legenda MotoGP Kurang Puas dengan Performa Iannone di Suzuki

“Mungkin tahun ini Rins bisa memberikan yang lebih lagi, karena dia memiliki beberapa pengalaman. Tapi tahun lalu semuanya ada di pundak Iannone dan dia sama sekali tidak memainkan peran itu,” ungkap Schwantz, mengutip dari Motorsport, Selasa (9/1/2018).

Bahkan untuk musim ini, mantan juara dunia kelas 500cc itu juga masih meragukan performa Iannone bersama Suzuki. Maka dari itu, Schwantz yang merupakan legenda hidup Suzuki tak ingin tim yang membesarkan namanya itu memiliki prestasi yang kurang baik di kompetisi MotoGP. 

Baca juga Sikuit Buriram Thailand Siap Jadi Seri ke-15 MotoGP 2018

“Mereka (Suzuki) memiliki dia (Iannone) dan Rins lagi untuk tahun ini, tapi saya pikir mereka harus benar-benar mencari pembalap lain (untuk tahun 2019),” lanjut pria berusia 53 tahun itu.

Meski begitu, pada musim ini, Iannone mendapat posisi yang lebih baik ketimbang Rins di klasemen akhir pembalap. Iannone menempati posisi 13 dengan 70 poin, sementara Rins menduduki posisi 16 dengan koleksi 59 poin. Perbedaan keduanya tak lepas dari Rins yang absen beberapa balapan pada MotoGP 2017.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini