Image

Legenda F1 Sebut Keputusan Alonso Gabung Balapan di Le Mans Salah Besar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018, 01:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 09 37 1842497 legenda-f1-sebut-keputusan-alonso-gabung-balapan-di-le-mans-salah-besar-yyVgR6CUvX.jpg Fernando Alonso (Foto:AFP)

LONDON – Legenda Formula One (F1), Max Webber, mengatakan rencana Fernando Alonso untuk melakukan balapan di Le Mans sekaligus komitmennya dengan kejuaraan F1 merupakan sebuah kesalahan besar. Menurutnya Alonso bisa saja melanggar aturan dari persyaratan khusus dari sebuah perlombaan klasik.

Dalam usahanya meraih gelar Triple Crown motorsport, atau memenangani Monaco Grand Prix, Indy 500 dan Le Mans, Alonso diperkirakan akan berlaga dalam kompetisi 24 Hours yang melegenda bersama Toyota.

Tapi Webber yang berhasil beralih dari F1 menuju Endurance Championship dengan Porsche pada musim 2014, menegaskan bahwa balapan di Le Mans memerlukan dedikasi total dan fokus yang eklusif. Ia mengaku khawatir, sahabatnya tersebut akan kewalahan dengan berbagai tuntutan yang dihadapinya jika terus mempertahankan F1.

“Ini adalah sebuah kesalahan. Mereka adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Mereka berdua menyerap energi mental yang sangat tinggi. Jika Anda melakukan balapan F1, maka Anda tidak mendapat sedikit gangguan. Saya mengatakan ini setelah melakukan beberapa musim dalam kompetisi di Le Mans. Jika saya menjadi Fernando, maka saya tidak akan melakukannya,” terang Webber, sebagaimana dilansir F1i, Rabu (10/1/2018).

Baca Juga:

(Miliki 1 Kursi Kosong, Oliver Rowland Berpotensi Gabung Williams Musim 2018)

Webber percaya bahwa pembalap berbakat milik McLaren ini tidak akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda. Namun Webber merekomendasikan pembalap berusia 36 tahun tersebut dengan sebuah persiapan karena takut ada hal lain yng mungkin saja terjadi.

“Entah dia memilih untuk melakukan Le Mans dengan benar dan memusatkan perhatian padanya. Yang jelas saya menyarankan Alonso untuk fokus mengerjakannya dalam waktu tiga minggu dan melupakan sisa di musim ini, jika tidak Alonso bisa beresiko terluka,” lanjutnya.

“Di Le Mans, semuanya dimulai beberapa hari sebelum balapan. Anda berjalan di siang hari, lalu di malam hari. Anda akan menghadiri parade di kota dengan para penggemar. Pertemuan dengan para insinyur mekanik. Hal ini membutuhkan komitmen dan mental yang sangat kuat untuk memahami jika semuanya layak,” tuntasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini