Galbusera Akui Yamaha Sulit Atasi Persaingan di MotoGP 2017

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 09:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 08 38 1841501 galbusera-akui-yamaha-sulit-atasi-persaingan-di-motogp-2017-xNo5bA5WfV.jpg Dua pembalap Tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales (kiri) dan Valentino Rossi (Foto: GPOne)

LESMO – Kepala kru Valentino Rossi di Tim Movistar Yamaha, Silvano Galbusera, mengakui timnya mengalami kesulitan untuk bersaing dengan Honda dan Ducati di persaingan MotoGP 2017. Ketiga tim pabrikan itu saling menunjukkan kapasitasnya di gelaran musim lalu.

Pada klasemen akhir konstruktor MotoGP 2017, Honda keluar sebagai pemenang dengan raihan 357 poin. Yamaha berada di urutan kedua dengan mengoleksi 321 poin dan Ducati menghuni tempat ketiga (310 poin).

Baca juga: Coulon Beberkan Performa Motor Yamaha di MotoGP 2017

Galbusera mengatakan Ducati telah bekerja dengan baik dengan sistem Magneti Marelli selama bertahun-tahun. Perangkat elektronik yang dibuat oleh Magneti Marelli berfungsi untuk mengambil data, menganalisa, dan menampilkan kepada operator agar mudah membaca kondisi motor.

“Ducati telah bekerja dengan Magneti Marelli selama bertahun-tahun dan HRC tahun lalu mempekerjakan satu insinyur elektronik yang pernah bekerja di Ducati dan kemudian di Magneti Marelli. Mereka tahu segalanya tentang sistemnya, jadi lebih mudah bagi mereka untuk menemukan settingan motor yang tepat,” ucap Galbusera, seperti dilaporkan Motorsport Magazine, Senin (8/1/2018).

Dua pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi justru tertinggal dari rider utama Honda dan Ducati di pentas MotoGP 2017. Vinales berada di tempat ketiga klasemen akhir (230 poin). Sedangkan Rossi harus puas di peringkat lima (208 poin).

Baca juga: Kepala Insinyur Yamaha Akui Rossi Kesulitan Tunggangi YZR-M1 2017

Vinales tampil gemilang di awal MotoGP 2017 dengan meraih podium utama di Grand Prix (GP) Qatar, Argentina dan Prancis. Ia pun telah tujuh kali naik podium dari total 18 seri balapan semusim. Vinales keluar sebagai runner-up di GP Italia dan Inggris. Kemudian, ia berhasil finis ketiga di GP Republik Ceko dan Australia.

Sedangkan Rossi sekali naik podium tertinggi dengan finis pertama di Sirkuit Assen, Belanda. Ia juga meraih posisi runner-up saat mentas di Grand Prix (GP) Argentina, Amerika Serikat, dan Australia. Selain itu, ia finis ketiga di GP Qatar dan Inggris.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini