Image

Brawn Sebut F1 Akan Tetap Bertahan Tanpa Ferrari

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 00:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 08 37 1841984 brawn-sebut-f1-akan-tetap-bertahan-tanpa-ferrari-7gBqyFMY8P.jpg Ferrari (Foto: AFP)

PARIS – Direktur Operasi Formula One (F1), Ross Brawn, telah mengirim peringatan kepada Ferrari atas ancaman pengunduran dirinnya dari olahraga. Brawn meyakini F1 akan terus bertahan meskipun pabrikan mesin asal Italia itu benar-benar meninggalkan dunia balap.

Direktur F1 Motorsport telah berkeinginan untuk terus maju dengan visi baru sang pemilik olahraga. Mereka ingin menciptakan sebuah regulasi mesin yang lebih menekan biaya dan menciptakan mesin dengan suara yang lebih nyaring pada musim 2021.

Namun nyatanya hal tersebut tidak mendapatkan respon positif dari beberapa tim papan atas F1. Ferrari menjadi salah satu tim yang paling vokal menentang peraturan baru tersebut. Bahkan beberapa kali Presiden Ferrari, Sergio Marchionne, mengeluarkan ancaman untuk keluar dari F1, jika peraturan tersebut terlaksana pada musim 2021.

Hal ini tentunya menjadi semakin rumit, ketika mantan CEO F1, Bernie Eccelestone, menilai F1 tidak akan mampu bertahan tanpa Ferrari. Pasalnya, ikon balap asal Italia tersebut memang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar F1 di seluruh dunia.

Baca Juga:

(Terpuruk Selama 3 Musim, Honda: Saya Memahami Kekecewaan Alonso)

Saat ini Brawn telah membahas laporan tersebut dan sangat ingin bekerja sama dengan Ferrari daripada melawan keputusan mereka. Meski demikian, Brawn juga telah mengingatkan Ferrari terhadap perubahan yang sewaktu-waktu dapat dilakukan oleh Liberty Media.

“Saya pikir Ferrari mengatakan bahwa mereka memiliki elemen penting F1 yang harus dipertahankan. Dalam hal ini, saya juga memiliki pikiran yang sama. Mereka adalah bagian dari DNA F1 dan kami tidak ingin kehilangan itu. Ada batasan yang kami perlukan dalam olahraga dan mudah-mudahan mereka bisa bekerja sesuai batasan yang ada,” terang Brawn, menyadur dari Crash, Selasa (9/1/2018).

“F1 akan selalu bertahan dari apapun tim yang ada di dalamnya. Kami pernah melihat beberapa juara dunia meninggalkan olahraga. Terkadang kami menyebutnya sebagai tragedi dalam olahraga. Namun nyatanya F1 dapat pulih dan terus berlanjut,” sambungnya.

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini