Lewis Hamilton Takkan Bisa Tenang di F1 2018

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 11:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 08 37 1841570 lewis-hamilton-takkan-bisa-tenang-di-f1-2018-dhjvkPsm1W.jpg Hamilton dan Vettel akan kembali bersaing di F1 2018. (Foto: AFP/Andrej Isakovic)

AJANG Formula One (F1) akan memasuki musim 2018. Juara dunia 2017 asal Tim Mercedes, Lewis Hamilton, siap mempertahankan prestasinya untuk menduduki posisi puncak pada musim depan. Namun, hal tersebut tentu bukan perkara mudah untuk dilakukan.

Sejumlah tim dan pembalap juga bersiap untuk bisa merebut gelar milik pembalap Inggris tersebut. Pasalnya musim ini saja, Hamilton harus berjuang ekstra untuk bisa mengamankan gelar yang sebelumnya diraih mantan rekan setimnya yakni Nico Rosberg pada musim 2016.

Pesaingnya pada musim ini yakni Sebastian Vettel, tampaknya masih akan menjadi lawan utamanya pada musim 2018. Pasalnya pembalap Tim Ferrari itu memberikan hasil nyata pada 2017 dengan meraih lima kemenangan.

Bahkan raihannya di enam seri balapan pertama sempat membuat nama Vettel akan menjuarai F1 musim 2017. Betapa tidak, pembalap berpaspor Jerman itu selalu menembus posisi dua besar dengan tiga kali menang dan tiga kali podium kedua. Sayang konsistensi Vettel harus berakhir. Justru sebaliknya, Hamilton semakin menunjukkan kehebatannya di akhir seri balapan F1.

(Foto: Andrej Isakovic/AFP)

Namun, tidak mungkin ancaman Vettel pada musim depan untuk merebut gelar juara dunia masih bisa terjadi. Setelah empat tahun berturut menjuarai balapan jet darat itu pada 2010-2013, pembalap berusia 30 tahun itu juga berambisi merebut gelar kelimanya di F1.

Tetapi bukan hanya Vettel, rekan Hamilton yakni Valtteri Bottas juga patut diperhitungkan untuk merebut gelar juara pada musim 2018. Datang sebagai pengganti Rosberg pada musim 2017, pembalap berpaspor Finlandia itu telah menunjukkan ancaman yang berarti. Bersama Mercedes, Bottas meraih kemenangan perdananya di GP Rusia. Selain itu ia sukses merebut dua kemenangan lainnya di Austria dan Abu Dhabi.

Setelah melewati musim perdananya bersama Mercedes, Bottas kini bertekad untuk bisa memperjuangkan gelar juara. Pembalap berusia 28 tahun itu telah melalui fase pembelajaran dengan baik dan bisa saja raihannya pada musim ini bisa mendapat lebih pada 2018. Jika berhasil, gelar juara dunia tentu akan menjadi pertama kalinya bagi seorang Bottas.

Nama lain yang bisa mengisi kursi peraih gelar juara dunia F1 pada 2018 adalah duo Red Bull. Kedua pembalap tersebut adalah Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Ricciardo yang merupakan pembalap utama Red Bull juga patut diwaspadai.

Meski musim ini performa Ricciardo tak begitu menonjol, tapi pembalap berpaspor Australia itu sukses mengumpulkan satu kemenangan dan delapan podium. Sebuah langkah nyata untuk bisa bersaing merebut gelar juara pada musim depan. Apalagi Red Bull memiliki kekuatan yang tak bisa dipandang remeh pada musim 2018.

Begitu pun dengan Verstappen. Pada awal musim 2017, pembalap berpaspor Belanda itu harus terseok-seok karena selalu gagal menyentuh garis finis. Namun, bakatnya sebagai pembalap muda akhirnya mampu ia tunjukkan di akhir musim dengan memenangi dua balapan yang berlangsung di GP Malaysia dan Meksiko.

Nama Verstappen kembali di gadang-gadang sebagai perebut gelar juara pada musim 2018. Jika semuanya berjalan dengan baik, bukan tidak mungkin pembalap berusia 20 tahun itu akan menjuarai F1 untuk yang pertama kalinya.

Selain kelima nama tersebut, nama Kimi Raikkonen tidak boleh dilupakan. Pembalap Tim Ferrari itu bisa saja menjadi ancaman berarti bagi para pembalap F1 lainnya. Meski musim ini gagal meraih satu kemenangan pun, tapi kiprahnya di balapan jet darat itu tak boleh dianggap remeh. Pembalap berpaspor Finlandia itu juga pernah menjadi juara F1 pada musim 2007.

Sementara itu pada musim depan, McLaren akan menggunakan mesin baru yakni Renault juga akan menjadi ancaman berarti. Bahkan Hamilton telah menyebutkan pergantian mesin tersebut akan membuat dua pembalap mereka yakni Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne diprediksi akan mampu berbicara banyak di ajang F1 2018.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini